10 Jenis Kain untuk Seragam, Ada Bahan Drill dan Katun

Terdapat beragam jenis kain yang dapat digunakan untuk membuat seragam. Mulai dari bahan american drill, katun, dan twill. Simak ulasan lengkap serta tips memilih kain untuk seragam berikut ini.

Berbagai jenis kain untuk seragam tersedia di Lokasoka, mulai dari drill hingga katun
Berbagai jenis kain untuk seragam tersedia di Lokasoka, mulai dari drill hingga katun

Pakaian merupakan jenis kebutuhan utama yang harus selalu dipenuhi tiap orang. Dari berbagai macam apparel, salah satu yang banyak dibutuhkan adalah seragam. Dengan memakai jenis kain yang berkualitas, seragam digunakan untuk menunjang aktivitas di perusahaan, kantor, atau instansi tertentu.

Masing-masing perusahaan atau instansi memiliki model dan tampilan seragam yang beragam. Seragam kantor pun menjadi ciri khas dan identitas dari suatu instansi.

Lalu, apa saja jenis-jenis kain untuk apparel yang sering dipakai oleh instansi atau perusahaan? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Mengapa Perlu Memperhatikan Jenis Kain Seragam?

Sebelum membahas lebih jauh tentang aneka jenis kain untuk seragam, Anda perlu mengetahui pentingnya memilih kain yang tepat untuk seragam kantor. Jika diperhatikan, pakaian kantor memang memiliki kesan berbeda daripada baju biasa.

Sejatinya, pakaian kerja harus memiliki sifat yang nyaman dikenakan serta awet digunakan dalam waktu lama. Untuk itu, baju kantor dibuat dengan menyesuaikan lingkungan pekerjaan masing-masing.
Kemeja kantor dan seragam rompi
Untuk perlindungan ekstra saat aktivitas outdoor, kemeja kantor bisa dilengkapi dengan rompi

Karena dikenakan setiap hari, jenis kain seragam dibuat khusus agar kuat, tidak mudah kusut dan rusak. Maka tak heran jika setiap perusahaan selalu memperhitungkan baik-baik tentang opsi fabric yang dipakai sebagai busana kerja karyawannya.

Selain itu, pemilihan tekstil sebagai apparel kantor juga berkaitan dengan cara merawatnya. Ingat, berbeda kain, berbeda pula perawatannya. Artinya, masing-masing jenis kain seragam memiliki treatment yang berbeda satu sama lain.

Kunci utama dalam pemilihan jenis kain seragam adalah bagaimana ia bisa membuat si pemakai merasa nyaman ketika mengenakannya. Mengingat Indonesia memiliki iklim tropis dan cukup panas, bahan tekstil untuk apparel sebaiknya menyesuaikan dengan kondisi lingkungan kerja.

Jenis-Jenis Kain Seragam

Pemilihan jenis tekstil sebagai busana kantor wajib dipertimbangkan karena akan mempengaruhi kenyamanan dan produktivitas karyawan saat bekerja. Berikut ini adalah pilihan jenis-jenis kain seragam yang bisa jadi pilihan Anda.

1. Drill

Jenis kain drill dikenal memiliki ketebalan yang cukup baik dan kuat. Meski begitu, bahan ini tetap terasa lembut serta tidak mudah kusut dan pudar. Karena itulah material drill sering dipakai untuk kebutuhan seragam indoor, outdoor, hingga pakaian militer.

Kemeja kantor dengan kain American Drill
Kemeja kantor dengan kain American Drill

Material drill terbagi menjadi tiga jenis, yaitu twist drill, japan drill, dan american drill. Material twist drill memiliki serat berukuran kecil yang membuatnya bersifat waterproof atau tahan air. Biasanya, twist drill sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat jaket almamater.

Sementara, kebalikan dari twist drill, bahan japan drill justru mempunyai serat berukuran besar. Alhasil, jenis ini bersifat lebih kuat dan tebal. Keunggulan lainnya adalah warnanya yang tidak mudah pudar bila dikenakan berkali-kali.

Contoh kemeja dari bahan Japan Drill
Contoh kemeja dari bahan Japan Drill

Jenis kain drill yang cukup digemari adalah american drill. Berkat ukuran seratnya yang sedang, american drill memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan model twist drill dan japan drill. American drill awalnya populer karena kerap digunakan sebagai seragam untuk perusahaan otomotif.

Kain Americal Drill yang dipakai untuk seragam satpam.
Jenis kain Americal Drill juga kerap digunakan untuk seragam satpam.

2. Kanvas

Tipe tekstil yang masih termasuk keluarga katun ini memiliki ketahanan yang kuat. Itulah yang membuatnya sering dimanfaatkan untuk kebutuhan selain apparel, seperti tas lapangan hingga bahan pembuat sepatu.

Material kanvas memiliki tekstur yang relatif tebal dan agak berat. Namun, bahan kanvas tetap nyaman dikenakan saat bekerja. Berkat sifatnya yang kuat, tipe kanvas lebih banyak dipakai untuk membuat busana kerja outdoor atau sebagai outer.

3. Katun

Kain katun cukup sering digunakan sebagai bahan untuk membuat seragam kantor. Sifatnya yang mudah menyerap keringat, tidak mudah luntur, dan gampang diatur membuat material katun nyaman sehingga menjadi pilihan banyak orang.

Ditambah lagi, kain berbahan dasar serat kapas ini juga mudah disablon sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Sayangnya, bahan katun tergolong cukup tipis sehingga ketahanannya dianggap kurang baik.

Kaos dari bahan katun dengan sablon logo
Kaos dari bahan katun dengan sablon logo

4. Oxford

Jenis kain untuk seragam selanjutnya adalah bahan oxford. Ciri khas material oxford adalah serat benangnya yang kecil dan lebih tipis ketimbang kain drill. Itulah mengapa sifat material oxford lebih ringan dan terasa sejuk saat digunakan. Harganya pun dinilai cukup terjangkau.

Bahan oxford sering digunakan sebagai pakaian untuk pekerja atau pegawai yang bekerja di dalam ruangan atau indoor. Karena itu, tampilannya terlihat lebih formal serta memberi kesan elegan.

5. Ripstop

Sekilas, kain ripstop terlihat serupa dengan bahan kanvas. Keduanya sama-sama memiliki karakteristik yang tebal dan kuat. Perbedaannya terletak di motif yang terdapat pada permukaannya.

Ripstop memiliki motif berbentuk kotak-kotak kecil yang samar, sementara bahan kanvas sama sekali tidak memiliki motif atau polos. Umumnya, bahan ripstop sering dijadikan sebagai kemeja adventure atau melengkapi kebutuhan seragam militer.

6. Denim

Selanjutnya, ada pula jenis denim yang cukup populer dan sangat diminati. Umumnya, denim dipakai sebagai bahan untuk membuat celana jeans. Namun, seiring waktu banyak orang yang menggunakannya sebagai material kemeja dan jaket.

Jaket denim yang dilengkapi dengan bordir logo dan nama komunitas
Jaket denim yang dilengkapi dengan bordir logo dan nama komunitas

Untuk kemeja, bahan denim yang dipakai akan lebih tipis daripada yang digunakan untuk membuat celana. Sayangnya, pilihan warna untuk material denim terbilang cukup terbatas, sehingga tidak semua perusahaan bisa menggunakannya sebagai seragam kantor.

Sejumlah konveksi pakaian kantor melayani pembuatan jaket dari denim. Biasanya, identitas perusahaan atau komunitas dibubuhkan pada pakaian dengan teknik bordir. Meskipun harganya terbilang lebih mahal, apparel kantor yang menggunakan material denim dijamin terlihat lebih stylish dan modern.

7. Lotto

Bahan lotto seringkali dipakai dalam pembuatan pakaian olahraga, baik untuk perusahaan maupun instansi pendidikan. Ciri khas bahan lotto adalah sifatnya yang elastis dan terasa lembut saat dikenakan.

Awalnya, bahan lotto yang digunakan bersifat tidak mengkilap. Namun, saat ini sudah ada varian lotto metalic yang bisa mengkilap. Dengan tingkat ketebalannya yang sama seperti katun, bahan lotto dianggap dingin dan nyaman dipakai.

8. Twill

Keunggulan dari tipe material twilll terdapat pada ketebalannya. Karena itulah karakteristik varian twill dianggap kuat dan tahan lama. Material twill kerap dimanfaatkan dalam pembuatan kemeja lapangan. Karena tebal dan tahan lama, twill turut dipakai untuk membuat jaket kantor, jaket lapangan, hingga bahan celana lapangan.

9. Castilo

Mencari bahan berkualitas dengan harga yang ekonomis untuk keperluan seragam kantor? Jenis kain castilo boleh jadi pilihannya. Selain serat yang rapat dan kuat, kelebihan lain dari bahan castilo adalah sifatnya yang lembut serta tidak mudah kusut.

Di samping itu, castilo mempunyai karakteristik sangat baik dalam menyerap keringat. Hanya saja, bahan castilo terbilang cukup tipis. Namun, bagi beberapa pengguna terutama yang tidak menyukai pakaian tebal, bahan castilo adalah opsi terbaik.

10. Tropical Drill

Banyak perusahaan besar yang menyukai material tropical drill untuk pakaian para pegawainya. Harganya memang tergolong mahal dibanding jenis kain lainnya, namun sesuai dengan kualitas dan keunggulannya.

Salah satu kelebihan kain tropical drill adalah dari segi warnanya. Berkat kekuatan warna yang sangat baik, bahan ini tidak mudah luntur maupun kusam walaupun dikenakan dalam jangka panjang.

Selain itu, tingkat ketebalannya juga dianggap sesuai sehingga terasa begitu nyaman saat dikenakan. Menariknya lagi, bahan tropical drill tidak mudah kusut dan membuat penggunanya selalu tampak rapi. Material tropical drill sering ditemukan pada pakaian untuk pegawai pemerintahan atau PNS.

Tips Memilih Jenis Kain untuk Seragam

Setelah mengetahui pentingnya mengetahui jenis-jenis kain khusus seragam beserta beberapa macamnya, berikut adalah beberapa tips memilih jenis kain untuk seragam yang baik, cocok, dan berkualitas untuk kebutuhan kantor.

1. Pertimbangkan kenyamanannya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat memilih jenis kain untuk apparel adalah tentang kenyamanannya. Ini merupakan prioritas utama dalam memilih jenis tekstil untuk membuat pakaian kerja.

Jika Anda bekerja di luar ruangan, jenis fabric yang mudah menyerap keringat bisa menjadi pilihan.

Kaos dari bahan kain cotton combed 24s
Kaos dari bahan cotton combed 24s sering dipilih untuk event kantor bersifat outdoor

Sementara untuk kebutuhan seragam indoor, lebih banyak opsi bahan fabric yang dapat dipilih. Salah satu yang populer digunakan untuk keperluan apparel indoor adalah bahan drill. Untuk mengetahui kenyamanan tekstil yang akan dipilih, Anda dapat mengecek sekilas dari kekakuan kainnya.

2. Perhatikan ketahanannya

Kenyamanan memang jadi prioritas utama dalam memilih material untuk busana kantor. Meski begitu, daya tahan juga merupakan faktor yang tidak kalah pentingnya. Perlu Anda ingat bahwa pakaian kerja akan dipakai secara berulang dalam waktu bertahun-tahun.

Oleh sebab itu, diharapkan pakaian kerja memiliki ketahanan yang baik. Anda bisa melihat ketahanan tersebut melalui ketebalan fabric serta teknik penjahitannya. Umumnya, fabric yang tebal memiliki daya tahan lebih tinggi.

Jadi, semakin lama durasi pemakaiannya,  sebaiknya pilih fabric yang mempunyai ketahanan lebih kuat. Namun, tetap jangan lupa mempertimbangkan aspek kenyamanannya.

3. Pilih yang perawatannya mudah

Semua apparel pasti akan mengalami proses pencucian agar tetap bersih dan terhindar dari bau apek. Masing-masing pakaian kerja memiliki siklus pencucian yang berbeda-beda, tergantung seberapa sering baju tersebut dikenakan.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memilih bahan fabric yang mudah dicuci. Terutama bagi Anda yang sibuk bekerja sehingga sulit menemukan waktu tepat untuk mencuci pakaian. Akan lebih baik jika apparel kantor dapat dicuci bersamaan dengan pakaian biasa agar lebih menghemat waktu dan tenaga.

4. Sesuaikan dengan lingkungan kerja

Poin penting lain yang harus dipertimbangkan adalah suasana lingkungan kerja. Jenis kain seragam bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan tentu tidak sama dengan para pekerja di luar ruangan.

Oleh sebab itu, Anda perlu mempertimbangkan lingkungan kerja karyawan sebelum memutuskan tipe kain yang akan dipakai. Untuk pekerja luar ruangan, pilihlah tekstil berkualitas yang tahan di segala kondisi. Sementara bagi mereka yang bekerja di dalam ruangan, tipe fabric yang lembut dan adem bisa jadi solusinya.

5. Pilih vendor terpercaya

Tips memilih jenis kain seragam selanjutnya adalah memperhatikan jasa konveksi atau vendor yang digunakan. Setiap vendor seragam pasti memiliki referensi bahan kain tersendiri untuk dijadikan sebagai busana kerja.

Tentunya Anda tidak ingin membuang banyak uang untuk pakaian kerja berkualitas rendah, bukan? Jadi, sebelum menentukan jasa konveksi yang akan dipakai, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu informasi dari vendor tersebut.

Periksalah testimoni atau review dari pembeli yang pernah menggunakan jasanya. Pastikan konveksi atau vendor tersebut mempunyai pelayanan yang baik dan banyak dipercaya konsumen.

Lokasoka merupakan solusi tepat bagi Anda yang membutuhkan pengadaan seragam kantor berkualitas. Dengan bahan kain premium serta harga yang bisa disesuaikan dengan budget, konveksi seragam kerja Lokasoka mampu menciptakan busana kantor yang nyaman dipakai.

Tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan apparel serta aneka souvenir kantor di Lokasoka dan raih banyak keuntungan menariknya!