6 Tips Mudah Merawat Tote Bag Kanvas Tetap Awet dan Kiclong!

6 Tips Mudah Merawat Tote Bag Kanvas Tetap Awet dan Kiclong!

Merawat tote bag kanvas jadi salah satu hal penting supaya bisa dipakai untuk jangka panjang dan tampilannya tetap kinclong. Yuk simak 6 tipsnya berikut ini!

Tote bag bahan kanvas masih jadi favorit banyak orang. Bahan ini sering digunakan untuk membuat tas ransel dan tote bag. Tetapi bahan kanvas ini memang sifatnya mudah kotor sehingga harus dipahami betul bagaimana cara merawat tote bag yang terbuat dari bahan kanvas dengan tepat agar dapat bertahan lama. Terutama untuk tote bag berwarna putih atau warna cerah lainnya. Selain itu, semakin sering tote bag digunakan, maka semakin mudah juga tas tersebut kotor dan terlihat kusam.

Cara Merawat Tote Bag Kanvas

Langkah atau cara dalam merawat tote bag dengan bahan kanvas memiliki perbedaan dengan bahan jeans atau sintetis lainnya. Hal ini dikarenakan jenis bahan kain seperti jeans memiliki perawatannya sendiri agar senantiasa awet dari hari ke hari. Merawat tote bag bahan kanvas tergolong rumit, tapi kalau sudah tahu bagaimana langkah merawat tote bag yang benar, perawatan tas bahan kanvas ini bisa dilakukan dengan mudah dan tidak memerlukan biaya yang banyak.

Kemudian bagaimana sebenarnya cara merawat tote bag dari bahan kanvas dengan tepat? Berikut ini 6 tips mudah merawat tote bag kanvas agar awet dan tetap terlihat seperti baru.

1. Kosongkan Tote Bag Kanvas

Satu hal yang perlu diperhatikan dalam merawat tas tote bag apapun bahannya adalah tidak dijadikan tempat untuk menyimpan banyak barang dalam waktu lama. Apalagi ketika posisinya diletakkan dalam keadaan menggantung. Hal ini bisa menyebabkan keawetan tote bag jadi berkurang karena menahan beban terlalu berat dalam waktu yang lama.

Maka dari itu setelah selesai beraktivitas sangat disarankan untuk mengosongkan tote bag. Baru setelah itu letakkan tas dalam posisi digantung. Kemudian soal menkosongkan tas juga berlaku ketika akan mencucinya. Sebelum mencuci tas berbahan kanvas ini, tentu saja barang-barang harus dikeluarkan terlebih dahulu.

2. Cuci Tote Bag Kanvas Secara Rutin

Tips merawat tote bag kanvas yang utama tentunya adalah dengan mencuci tas tersebut secara rutin dan berkala. Hal ini untuk menghindari timbulnya noda yang membandel dan sulit dihilangkan. Pencucian tas tote bag kanvas dapat menggunakan mesin cuci atau juga dengan cara manual.

Tapi untuk menghindari menurunnya kualitas cetakan sablon atau printing pada tote bag, lebih disarankan mencucinya dengan cara manual menggunakan tangan. Kemuedian saat mencuci tote bag kanvas, jangan dicampur dengan jenis bahan pakaian lainnya. Tujuannya agar tidak kelunturan warna dari pakaian-pakaian itu.

3. Pilih Deterjen yang Tepat

Jenis deterjen yang disarankan untuk mencuci tote bag kanvas adalah deterjen cair karena lebih halus sehingga tidak berisiko untuk merusak bagian cetakan tote bag. Deterjen merupakan salah satu sabun untuk menghilangkan noda pada permukaan kanvas. Namun harus memperhatikan desain dari tas tersebut, apakah dari sablonan atau gambar yang bahannya aman ketika terkena deterjen.

Kalau sudah yakin bahwa tote bag aman untuk dicuci dengan memberikan deterjen, selanjutnya masukkan sedikit saja deterjen ke dalam larutan air bersih untuk membuatnya sedikit berbusa. Setelah itu kucek dengan perlahan untuk menghilangkan noda membandel. Jika noda tersebut hilang terakhir adalah bilas dengan air bersih dan jemur tote bag.

4. Perhatikan Saat Menyikat

Ketika ingin menyikat tote bag kanvas, gunakanlah sikat yang memiliki bulu halus untuk menghilangkan noda dan kotoran yang sedikit membandel. Jenis kotoran yang biasa menempel pada tote bag berupa bercak tanah atau debu karena terlalu sering digunakan.

Untuk menghilangkan noda tersebut cukup dilakukan penggosokan secara perlahan, tidak perlu menggunakan tenaga yang kuat. Apabila disikat terlalu kuat akan merusak tekstur dari kanvas itu sendiri, karena serat kain yang digunakan pada kanvas cukup riskan. Jika memerlukan gosokan sikat, saat menyikat cukup satu arah saja agar tote bag dari bahan kanvas tetap terjaga.

5. Jangan Jemur di Bawah Sinar Matahari Langsung

Sebelum menjemur tote bag, jangan lakukan proses memeras tote bag agar air cucian habis dengan terlalu keras. Sebab memelintir kanvas tote bag terlalu keras akan merusak serat kain tote bag. Maka dari itu setelah cuci, cukup remas-remas tanpa perlu mengeluarkan tenaga lebih.

Setelah itu jangan jemur tote bag di bawah paparan sinar matahari secara langsung. Karena warna tote bag tersebut akan pudar. Apalagi tote bag yang ada desain printingnya, akan menjadi kaku dan pecah-pecah. Penjemuran tote bag sebaiknya jangan dijemur dibawah sinar matahari secara langsung. Cukup diangin-anginkan saja dan biarkan mengering sendirinya.

6. Simpan di Suhu Sejuk

Tips dan langkah terakhir dalam merawat tote bag kanvas adalah dengan menyimpannya di tempat yang sejuk atau tidak lembab. Hal ini penting untuk diingat, terlebih jika tote bag tersebut memang tidak akan digunakan dalam waktu dekat. Supaya tote bag tetap bersih dan terhindar dari jamur bisa dengan memasukkannya ke dalam plastik ketika sudah selesai mencuci dan mengeringkannya.

Setelah itu, tutup rapat plastik pembungkus tote bag sehingga tote bag tidak menjadi lembab. Kalau mau mendapatkan perlindungan yang lebih maksimal, maka bisa ditambahkan juga silica gel ke dalam plastik tote bag tersebut untuk menyerap kelembapan.

Rekomendasi Vendor Tote Bag Kanvas

Itulah beberapa tips dan cara merawat tote bag kanvas dengan mudah dan praktis. Kalau Anda membutuhkan tote bag kanvas untuk souvenir kantor, perusahaan, seminar, dan event lainnya tidak perlu khawatir dimana dan bagaimana caranya mendapatkan vendor souvenir berkualitas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ecodoe adalah pilihan yang tepat.

Banyak keuntungan yang didapatkan ketika memilih Ecodoe dalam membuat souvenir tote bag kanvas. Mulai dari bebas biaya konsultasi dan desain, tersedia pilihan item souvenir yang beragam, serta produknya berasal dari UMKM lokal yang telah diseleksi dari seluruh Indonesia.

Apakah Anda membutuhkan souvenir berkualitas dengan harga terjangkau? Yuk langsung konsultasikan dengan Superteam Ecodoe! Masih tersedia banyak voucher belanja dan potongan harga!