5 Tips Memilih Souvenir Totebag untuk Acara Kantor!

5 Tips Memilih Souvenir Totebag untuk Acara Kantor!

Inilah 5 tips memilih souvenir totebag untuk acara kantor dengan mudah dan tepat! Baca selengkapnya di sini!

Souvenir totebag jadi salah satu pilihan yang cocok untuk dijadikan buah tangan dalam berbagai kegiatan kantor atau perusahaan. Model dan jenisnya juga beragam bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pada dasarnya souvenir totebag adalah souvenir bentuk tas yang merupakan barang penting bagi setiap orang. Apalagi ketika bepergian ke berbagai tempat. Baik itu untuk perjalanan jarak dekat atau jarak jauh, rasanya hampir mustahil kalau tidak membawa tas.

Tren Souvenir Totebag

Salah satu jenis tas yang bisa dijadikan pilihan untuk bepergian adalah tas totebag. Penggunaan tas totebag menjadi salah satu tren baru di kalangan masyarakat saat ini. Ditambah lagi sekarang makin banyak kampanye soal pengurangan penggunaan kantong plastik sekali pakai dalam aktivitas sehari-hari.

Dari bentuk atau dimensi, tas totebag ini tidak terlalu besar jadi lebih mudah dibawa dan praktis. Meskipun ukurannya tidak terlalu besar, tas ini bisa digunakan untuk memuat beberapa barang penting. Penggunaannya juga cocok untuk berbagai keperluan seperti ke kantor, ke kampus, atau dijadikan tas belanja. Bahkan banyak juga yang menjadikan tas totebag sebagai souvenir.

Bahan Souvenir Totebag

Ada beberapa jenis bahan atau material yang bisa dipilih ketika akan membuat souvenir totebag. Tetunya dari masing-masing bahan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pemilihan bahan bisa disesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan. Secara umum bahan tas totebag yang sering digunakan ada empat macam yaitu bahan kanvas, baby canvas, blacu, dan spunbond. Berikut ini penjelasan mengenai masing-masing jenis bahannya.

1. Bahan Spunbound

Bahan pertama adalah spunbound yang sering dijadikan sebagai tas totebag untuk souvenir di berbagai acara. Mulai dari seminar, workshop, hingga pernikahan. Bahan ini terdiri dari campuran kimia dan cat pelarut yang dipanaskan. Tas spunbound juga mudah didaur ulang dan cukup ramah lingkungan. Jadi, dengan menggunakannya kita juga berkontribusi terhadap lingkungan.

Bahan ini termasuk jenis nonwen yang dibuat menggunakan olahan serat panjang serta kombinasi bahan kimia. Tote bag yang terbuat dari bahan kain spunbond ini biasanya memiliki harga yang relatif lebih murah. Karena harganya yang murah, tote bag ini biasa dijadikan sebagai souvenir untuk event atau promosi. Selain itu, tote bag yang terbuat dari kain spunbond ini juga sering digunakan sebagai pengganti kantong plastic.

2. Bahan Kanvas

Selanjutnya tas berbahan kanvas. Bahan jenis ini cukup banyak ditemui untuk souvenir brand atau sebagai pembungkus brand ketika dijual. Misalnya baju, sepatu, dan sebagainya. Meski teksturnya halus, bahan ini memiliki ketebalan lebih. Sehingga, nyaman digunakan dan cukup kuat untuk menampung barang yang cukup banyak.

Keunggulan lainnya adalah harganya memang terjangkau. Namun, bila kamu tidak  merawatnya dengan baik, tas ini cepat rusak. Hal itu karena serat kainnya akan robek perlahan atau warnanya cepat memudar jika kamu salah mencucinya.

Kain kanvas berasal dari bahan mori yang telah melewati berbagai tahap pemutihan hingga menghasilkan warna putih gading atau agak keabu-abuan. Kain kanvas memiliki tekstur yang tebal namun halus dan tidak kaku. Kualitas dari bahan kanvas ini sangat bagus dan kuat sehingga menjadi bahan tote bag yang sangat digemari. Meski begitu, harga tote bag ini cenderung lebih mahal dibanding dengan jenis lainnya.

3. Baby Canvas

Bahan ini sedikit mirip dengan kain kanvas, walau tidak terlalu tebal. Kelebihan lain dari jenis kain ini adalah teksturnya yang halus dan tidak terlalu kaku. Membuat kain ini sering dijadikan sebagai salah satu bahan pembuat tote bag.

Harga tote bag yang terbuat dari kain baby canvas terbilang cukup terjangkau bila dibanding dengan tote bag kain kanvas. Akan tetapi, kain ini memiliki serat yang cukup mudah rusak. Warnanya pun juga dapat memudar dengan cepat.

4. Bahan Kain Blacu

Bahan terakhir yang bisa dipilih adalah kain blacu. Keunggulan dari bahan ini adalah harganya yang murah bila dibanding ketiga bahan sebelumnya. Bahan kain blacu mnerupakan kain mentah hasil penenunan yang belum selesai.

Biasanya, tekstur bahan ini cenderung kaku dan tipis. Selain itu, blacu tidak hanya terbuat dari kain katun saja. Melainkan bisa juga dari bahan lain seperti polyester dan rayon. Untuk beberapa jenis, memang bisa terbuat dari dua material beda. Namun, jika tas ini disablon, tintanya lebih menyerap dengan baik dalam kain dan gambar nampak lebih hidup.

Kain blancu juga dibuat dari mori, seperti kain kanvas. Hanya saja mori tersebut tidak mengalami proses pemutihan. Karena itulah teksturnya jadi cukup kasar dan agak tipis. Meski begitu, kain ini lebih fleksibel dan mudah untuk dibentuk. Harga yang ditawarkan pun juga lebih murah bila dibanding dengan tote bag dari kain baby canvas dan kanvas. Selain itu, tote bag kain blancu juga bisa diberi warna sesuai dengan keinginan.

Tips Membuat Souvenir Totebag

Souvenir totebag dari segi tampilan juga beragam mulai dari motif serta pilihan yang banyak dan kekinian. Jadi tidak hanya digunakan untuk membawa banyak barang, totebag pun bisa digunakan untuk menambah kesan lebih menarik pada penampilan. Jadi sudah bisa dipastikan souvenir totebag ini akan sangat bermanfaat dari segi kegunaannya. Sebelum membuat souvenir totebag, ada juga beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1. Perhatikan Ukuran

Hal pertama yang harus kita perhatikan sebelum membuat tote bag adalah ukurannya. Tote bag hadir dalam desain dan ukuran yang bervariasi. Pastikan kalau ukuran tote bag tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan pemakaian.

2. Bagian Mulut Tas

Umumnya, tote bag memiliki dua jenis mulut tas, yakni yang memiliki resleting atau tanpa resleting. Apabila kita mengutamakan keamanan saat membawa barang, sebaiknya gunakan tote bag dengan resleting. Sedangkan jika kita harus membawa banyak barang, maka tote bag tanpa resleting adalah pilihan yang tepat.

3. Pertimbangkan Fitur

Beberapa tote bag dibuat semenarik mungkin dengan berbagai fitur tambahan. Biasanya fitur tambahan yang diberikan berupa resleting dalam beserta saku. Fitur tambahan ini dapat menambah rasa aman dan nyaman saat meletakkan berbagai barang di dalamnya.

4. Desain Tas

Seiring perkembangan zaman, tote bag kini hadir dengan berbagai desain menarik dan kekinian. Apalagi sekarang ini sudah banyak vendor souvenir online yang menyediakan tote bag custom. Kita bisa memilih untuk menggunakan desain tote bag yang sudah dibuat sebelumnya atau mendesainnya sendiri sesuai keinginan.

Vendor Souvenir Totebag Terbaik

Itulah beberapa tips dan penjelasan mengenai bahan tas totebag yang bisa dipilih untuk souvenir kantor, perusahaan, seminar, dan event lainnya. Tidak perlu khawatir dimana dan bagaimana caranya mendapatkan vendor souvenir berkualitas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Ecodoe adalah pilihan yang tepat. Banyak keuntungan yang didapatkan ketika memilih Ecodoe dalam membuat souvenir totebag. Mulai dari bebas biaya konsultasi dan desain, tersedia pilihan item souvenir yang beragam, serta produknya berasal dari UMKM lokal yang telah diseleksi dari seluruh Indonesia.

Apakah Anda membutuhkan souvenir berkualitas dengan harga terjangkau? Yuk langsung konsultasikan dengan Superteam Ecodoe! Masih tersedia banyak voucher belanja dan potongan harga!