13 Isi Seminar Kit Favorit, Ada USB Kayu dan Tumbler Bambu

Seminar kit adalah souvenir yang biasanya diberikan kepada peserta acara seminar. Simak 10 isi seminar kit favorit dan tips memilihnya berikut ini!

rekomendasi isi seminar kit
Paket seminar kit isi mug custom, note book, pulpen, dan goodie bag

Seminar kit adalah salah satu bagian penting dalam setiap penyelenggaraan acara atau event oleh perusahaan dan instansi. Umumnya, seminar kit diberikan pada para peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Pada dasarnya, paket seminar kit dihadirkan sebagai fasilitas atau souvenir bagi para peserta yang menghadiri acara. Dengan demikian, isi seminar kit yang diberikan haruslah bermanfaat dan dapat digunakan, baik selama kegiatan berlangsung maupun setelah acara selesai.

Tertarik memesan paket seminar kit? Mari intip rekomendasi souvenir seminar dan tips memilihnya berikut ini!

Apa Itu Seminar Kit?

Paket seminar kit murah
Contoh paket seminar kit sederhana

Seminar kit adalah berbagai produk atau item yang biasanya diberikan dalam penyelenggaraan suatu acara dan event khusus. Khususnya yang dibuat oleh instansi, organisasi, atau perusahaan.

Pemberian paket seminar kit adalah salah satu kegiatan promosi dari pihak penyelenggara acara. Karena itu, isi seminar kit selalu menyertakan logo, nama perusahaan atau instansi penyelenggara, hingga nama kegiatan yang berlangsung.

Tujuannya, untuk memperkuat branding instansi atau perusahaan kepada para peserta. Jika souvenir yang diberikan dapat digunakan dalam waktu lama, branding kantor akan semakin kuat dan tersampaikan dengan baik.

Tak hanya itu, paket seminar kit harus berisi perlengkapan yang fungsional. Artinya, benda tersebut bisa terus dipakai untuk kegiatan sehari-hari. Alhasil, ini bisa menjadi media komunikasi brand yang efektif dan efisien. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menyediakan souvenir acara dalam tiap kegiatan, seperti pelatihan atau workshop.

Pilihan Isi Seminar Kit

Pada dasarnya, tidak ada ketentuan baku mengenai isi seminar kit. Meski begitu, ada beberapa item yang sering dimasukkan dalam setiap paket souvenir kantor. Berikut adalah pilihan barang yang bisa Anda gunakan sebagai bingkisan acara kantor.

1. Totebag

Goodie bag dan totebag seminar kit
Goodie bag dan totebag untuk kemasan seminar kit

Agar ringkas dan tidak tercecer, umumnya paket seminar kit dikemas dengan goodie bag spunbond atau totebag kanvas. Selain dapat digunakan kembali oleh peserta, totebag juga bisa menjadi media promosi yang efektif. Pastikan untuk membuat desain goodie bag yang menarik dan apik.

Karena bersifat reusable, tas seminar berupa goodie bag maupun totebag masih bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari. Selain itu juga ramah dan aman bagi lingkungan.

2. Pouch

Pouch seminar kit dengan custom logo
Pouch seminar kit dengan custom logo

Pouch berguna sebagai wadah alat tulis atau perlengkapan seminar lainnya. Saat membagikan fasilitas acara, penyelenggara kegiatan pelatihan maupun workshop juga sering memasukkan kebutuhan peserta ke dalam pouch agar tidak berserakan.

3. Powerbank

Powerbank seminar kit
Powerbank custom untuk pilihan isi seminar kit

Jika kegiatan workshop atau training berlangsung lama, Anda dapat memasukkan powerbank ke dalam isi seminar kit. Meskipun membutuhkan budget yang lebih banyak, training kit Anda akan terlihat eksklusif dan mewah.

4. Buku Catatan

Notebook seminar kit dengan logo dan nama kantor
Notebook seminar kit dengan logo dan nama kantor

Buku catatan adalah salah satu isi seminar kit yang paling banyak disukai oleh peserta acara. Desain covernya dibuat lebih sederhana, namun tetap menarik dan elegan. Ada pula yang dibuat khusus hingga memiliki bentuk unik.

Biasanya, buku catatan atau note book untuk souvenir perusahaan mempunyai varian ukuran A4, A5, serta A6. Proses cetaknya pun dilakukan dalam berbagai bentuk jilid. Mulai dari jilid ring dengan soft cover yang awet hingga hard cover yang kuat dan rapi.

Buku catatan batik untuk seminar kit
Buku catatan batik, souvenir seminar unik

Agar tampak lebih unik dan berkesan, beberapa diantaranya juga dikombinasikan dengan pelengkap khusus. Misalnya, paket buku agenda yang dilengkapi dengan kalender.

Sebagai panitia acara, Anda juga bisa menyematkan logo dan nama perusahaan pada bagian cover atau kertas isi untuk menjadikan buku catatan sebagai media promosi yang efektif.

5. Pulpen

Isi seminar kit yang paling umum, pulpen custom
Isi seminar kit yang paling umum, pulpen custom

Selain buku, seminar kit juga diisi dengan perangkat alat tulis kantor (ATK) lain sebagai pelengkap. Salah satunya adalah pulpen. Item ini bisa dipakai untuk menulis poin-poin penting selama seminar berlangsung.

Biasanya pulpen untuk souvenir kantor dibuat secara custom sehingga mempunyai bentuk yang unik. Sebut saja pulpen tali, stylus pen, roller ball, dan ballpoint. Ada pula yang didesain khusus agar senada dengan buku catatan dalam paket kenang-kenangan acara kantor.

Seperti buku catatan, pulpen juga bisa dijadikan sebagai media promosi perusahaan. Caranya, dengan mencetak logo, serta nama perusahaan atau tagline acara yang diadakan pada bagian badan pulpen.

6. Tumbler

Tumbler souvenir dengan desain simpel kini banyak digemari
Tumbler souvenir dengan desain simpel kini banyak digemari

Item yang bersifat fungsional selalu banyak diminati peserta seminar. Begitu juga dengan tumbler custom berlogo perusahaan. Mengingat beberapa acara juga menyediakan dispenser atau galon air untuk para pesertanya, tumbler bisa menghemat pengeluaran serta mengurangi sampah.

Dengan desain simpel dan warna yang netral, tumbler souvenir juga dapat dibuat custom agar memperlihatkan identitas perusahaan Anda. Di samping itu, penggunaan juga tumbler dapat memberi dampak positif bagi lingkungan.

Dengan memakai wadah air minum sendiri dan tidak membuat sampah lainnya, artinya Anda ikut berkontribusi dalam menjaga keberlangsungan alam. Karena itulah benda ini sangat cocok dijadikan isi seminar kit dalam acara bertema lingkungan.

Tumbler bambu custom
Tumbler bambu dengan ukiran logo kantor juga bisa menjadi pilihan menarik

Ada beberapa bahan tumbler custom yang bisa Anda pilih, mulai dari stainless steel, aluminium, hingga tumbler bambu yang kini banyak digemari.

7. Gantungan Kunci

Gantungan kunci custom
Paket seminar kit dengan gantungan kunci custom

Rasanya, item sejuta umat ini hampir selalu bisa ditemukan pada berbagai jenis event atau acara. Mulai dari acara kantor, pernikahan, hingga ulang tahun. Gantungan kunci banyak disukai karena punya bentuk yang simpel dan harga murah.

Saat ini, gantungan kunci juga hadir dalam kombinasi unik yang membuatnya lebih bermanfaat. Dalam hal ini, Anda bisa mengkombinasikannya dengan pembuka botol, flashdisk, atau gunting kuku.

Ada berbagai pilihan jenis bahan gantungan kunci yang bisa Anda pilih. Di antaranya bahan plastik yang murah. Pilihan lainnya adalah bahan karet yang fleksibel dan mudah di-custom. Kemudian juga ada gantungan kunci berbahan akrilik dan kayu yang memberikan kesan elegan dan mewah.

8. Lanyard dan ID Card

Lanyard untuk seminar kit
Lanyard dengan logo dan nama perusahaan

Acara kantor seperti training atau workshop selalu dihadiri oleh banyak orang. Oleh sebab itu, penggunaan ID card sangat penting untuk memudahkan Anda dalam mengenali mereka yang datang, baik peserta maupun panitia.

Biasanya, ID card akan langsung dikenakan oleh peserta yang masuk ke dalam gedung acara. Dengan begitu, mereka tidak perlu lagi ditanyai atau diperiksa identitasnya ketika harus keluar masuk tempat acara.

Bentuk sederhana tanda pengenal ini biasanya berupa name tag berbentuk kartu. Pada ID card tersebut berisi nama acara beserta logo dan nama perusahaan penyelenggaranya. Beberapa juga menambahkan nama peserta yang memberi kesan eksklusif.

Ada dua model ID card yang sering diberikan sebagai souvenir acara kantor. Pertama yang menggunakan tali lanyard, dan lainnya dengan jepitan. Umumnya promosi perusahaan ditempatkan pada bagian tali lanyard.

9. Flashdisk

Flashdisk kulit dengan model elegan yang desainnya bisa disesuaikan
Flashdisk kulit dengan model elegan yang desainnya bisa disesuaikan

Di era serba canggih seperti saat ini, flashdisk telah menjadi salah satu pilihan merchandise kantor yang banyak diminati. Benda ini dapat digunakan oleh peserta untuk mendapat materi yang disampaikan dalam acara tersebut.

Sebelum dibagikan kepada para peserta, flashdisk telah diisi dengan dokumen lengkap terkait materi yang diberikan. Mulai dari file dokumen berisi teks, gambar, hingga video. Dengan begitu, Anda bisa menyaksikannya setelah acara selesai.

Flashdisk card kekinian
Flashdisk card kekinian dengan desain custom

Supaya tidak monoton, Anda harus pintar memilih aneka model flashdisk custom yang diperlukan. Sebut saja varian flashdisk kartu, bentuk pulpen, atau hingga model kayu dengan ukiran yang kekinian.

10. Sertifikat

Seminar kit dengan sertifikat
Seminar kit dengan sertifikat

Hampir setiap acara, baik seminar, workshop, maupun pelatihan, menyediakan bentuk apresiasi berupa sertifikat. Pemberian sertifikat ini sangat dibutuhkan oleh para peserta sebagai bukti telah menjadi bagian dari kegiatan tersebut.

Sebagian besar instansi pendidikan juga mewajibkan mahasiswanya mengumpulkan sertifikat dalam jumlah tertentu sebagai syarat kelulusan. Karena itu, banyak peserta didik yang sering mengikuti acara seminar atau workshop guna memperoleh sertifikat.

Sertifikat dalam paket seminar kit ada berbagai jenis dan ukuran. Tergantung pada kertas yang digunakan. Desainnya juga dibuat menyesuaikan dengan tema kegiatan yang diadakan. Termasuk dengan menempatkan logo dan nama perusahaan yang mendukung terlaksananya acara.

11. Kaos

Dengan desain sederhana, kaos juga menjadi souvenir seminar yang digemari
Dengan desain sederhana, kaos juga menjadi souvenir seminar yang digemari

Souvenir kit lainnya adalah kaos atau t-shirt. Item ini menjadi salah satu jenis souvenir kit yang paling populer. Khususnya di kalangan anak muda. Karena itulah desain kaos event selalu tampak trendi dan keren.

Biasanya pada kaos tersebut akan ditambahkan tulisan berisi tagline kegiatan beserta logo dan nama perusahaan. Tujuannya untuk menjadi alat promosi bagi perusahaan penyelenggara dan sponsor.

Mengingat kaos selalu dikenakan banyak orang dalam menjalani aktivitasnya sehari-hari, tentu ini jadi pilihan tepat untuk branding perusahaan Anda. Pastikan saja desainnya dibuat unik dan menarik agar memberi kesan bagi yang melihatnya.

12. Tas Laptop dan Ransel

Tas ransel custom dengan logo perusahaan sebagai opsi seminar kit
Tas ransel custom dengan logo perusahaan sebagai opsi souvenir kit

Dengan tas ransel atau tas laptop, peserta akan lebih mudah membawa banyak barang dan perlengkapan workshop lainnya.

Tas seminar
Tas ransel dan tas laptop untuk pelengkap seminar kit

Cukup di-custom dengan desain menarik serta diberi cetakan logo beserta nama dan informasi singkat, tas laptop akan menjadi item seminar kit yang disukai oleh banyak orang.

13. Paket Seminar Kit Eksklusif

Souvenir seminar berupa healthy kit
Souvenir kit berupa healthy kit

Bagi Anda yang ingin menyediakan bingkisan premium, paket seminar kit eksklusif bisa menjadi opsi terbaik. Umumnya, gift set ini dikemas packaging box elegan yang kemudian dibungkus kembali di dalam tote bag atau paper bag.

Ada juga yang diberi kemasan khusus berupa pouch seperti gambar di atas. Cukup menarik, bukan?

Tips Memilih Seminar Kit Berkualitas

Setelah mengetahui pentingnya menggunakan seminar kit beserta jenis-jenisnya, berikut adalah beberapa tips memilih produk souvenir seminar berkualitas untuk kebutuhan acara Anda. Mulai dari

1. Sesuaikan dengan konsep acara

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah terkait konsep atau tema acara itu sendiri. Tiap acara yang diselenggarakan umumnya membawa tema beragam. Tujuannya, agar produk souvenir yang Anda berikan bisa sesuai dengan konsep acara. Jadi, akan lebih memberi kesan dan mengena bagi para peserta yang hadir.

Misalnya, Anda sedang mengusung tema kampanye go green. Anda bisa memilih item cinderamata yang ramah lingkungan, seperti tumbler, tas seminar, atau buku catatan recycle (daur ulang).

2. Perhatikan karakter audiens

Beragamnya tema dan konsep acara akan mempengaruhi peserta yang hadir. Ada yang diperuntukkan bagi kalangan umum, mahasiswa, hingga pebisnis dan intelektual.

Karena itu, pastikan Anda menyesuaikan souvenir kit yang akan diberikan dengan karakteristik audiens yang akan hadir.

Sebagai contoh, Anda bisa memberi souvenir kit kekinian seperti flashdisk atau powerbank apabila pesertanya adalah anak muda atau remaja. Sementara jika pesertanya berasal dari kalangan pebisnis, souvenir berdesain eksklusif seperti pulpen custom adalah pilihan terbaik.

3. Pertimbangkan budget acara

Tips memilih paket seminar berkualitas selanjutnya adalah mempertimbangkan bujet atau anggaran yang dimiliki. Setiap acara, termasuk seminar, pastinya akan memakan biaya dalam jumlah tertentu.

Berbagai jenis dan model paket seminar kit tersedia dalam berbagai harga berbeda. Tergantung pada bahan dan kualitasnya. Meski begitu, Anda tidak boleh asal pilih seminar kit murah sebagai souvenir. Karena hal ini akan mempengaruhi kesan audiens pada perusahaan Anda.

Akan lebih baik kalau Anda tetap memilih item berkualitas yang sesuai tema acara. Asalkan itu bisa menunjang keberhasilan acara yang Anda selenggarakan. Dengan begitu, bujet yang Anda keluarkan tidak akan sia-sia dan memberi hasil positif.

4. Pilih vendor terpercaya

Kunci lain dari pemilihan souvenir seminar kit berkualitas terakhir adalah vendor pengadaannya. Anda wajib memeriksa dengan seksama terkait rekam jejak dari vendor tersebut.

Hal ini sangat penting karena menentukan seberapa bagus kualitas produk souvenir yang dihasilkan. Anda tentu tidak ingin membuang banyak uang untuk souvenir kualitas murahan bukan. Jadi, sebaiknya pilih vendor yang sudah dipercaya banyak orang dan punya pelayanan bagus.

Seminar kit memiliki peranan penting dalam pelaksanaan event atau acara kantor. Terutama sebagai media promosi perusahaan. Untuk itu, pastikan Anda memilih vendor souvenir terbaik untuk mendapat item berkualitas dengan harga yang pas.

Salah satu vendor seminar kit Jakarta yang melayani pengiriman hingga ke seluruh Indonesia adalah Ecodoe. Menghubungkan ribuan klien B2B dengan UMKM lokal, banyak kelebihan yang bisa Anda peroleh dengan pesan produk di Ecodoe.

Rekomendasi aneka souvenir kit murah dari Ecodoe

Selain dampak sosial untuk ribuan kreator lokal, Ecodoe juga memberikan layanan konsultasi dan pembuatan desain secara gratis. Yuk, pesan produk souvenir kantor di Ecodoe dengan klik pada tombol Whatsapp di pojok kanan bawah dan nikmati banyak keuntungan menarik lainnya!