11 Jenis Tumbler Favorit untuk Souvenir dan Media Promosi

Variasi jenis tumbler yang dijadikan media promosi sudah semakin unik, salah satunya tumbler bambu. Simak rekomendasi tumbler lainnya di sini.

Aneka jenis tumbler dari Lokasoka memiliki bahan berkualitas
Aneka jenis tumbler dari Lokasoka memiliki bahan berkualitas

Seiring meningkatnya kebutuhan akan souvenir dan permintaan akan produk-produk custom, jenis tumbler custom yang tersedia saat ini juga semakin bervariasi, mulai dari bentuk, desain, serta bahan bakunya.

Sifatnya yang dapat digunakan berulang kali dan ramah lingkungan membuat botol minum sangat populer dijadikan sebagai media promosi atau souvenir acara. Lengkapi referensi Anda dengan membaca artikel berikut: 15 Bahan Tumbler yang Bagus untuk Dijadikan Souvenir. Banyak bahan tumbler yang bisa dipilih dan juga berbagai tips untuk memilih tumbler yang tepat.

New normal kit untuk souvenir kantor yang dilengkapi dengan tumbler custom dari Lokasoka
New normal kit untuk souvenir kantor yang dilengkapi dengan tumbler custom dari Lokasoka

Dengan banyaknya jenis tumbler yang bisa ditemukan di pasaran, Anda mungkin sedikit kesulitan memilih mana yang tepat untuk kebutuhan acara Anda. Tak perlu khawatir, berikut Lokasoka rangkum rekomendasi jenis-jenis tumbler yang bagus digunakan sebagai souvenir atau media promosi.

Rekomendasi Jenis Tumbler untuk Souvenir

Pemilihan jenis tumbler sebagai media promosi atau souvenir acara adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan matang-matang. Agar tidak salah pilih, mari simak 5 jenis tumbler favorit di bawah ini.

1. Tumbler Plastik

Tumbler plastik dengan desain unik yang cukup praktis untuk dibawa ke mana saja dari Lokasoka
Tumbler plastik dengan desain unik yang cukup praktis untuk dibawa ke mana saja dari Lokasoka

Sesuai namanya, jenis tumbler plastik dibuat dari bahan plastik yang aman bagi kesehatan. Hampir seluruh botol minum dari bahan plastik memiliki label BPA Free. Sebagai informasi, BPA Free adalah label yang menandakan bahwa produk tersebut terbebas dari zat kimia berbahaya bernama bisphenol-A (BPA).

Water bottle dari material plastik bersifat relatif lebih ringan dibandingkan jenis lain. Namun, varian tersebut kurang mampu menahan panas atau minuman bersuhu tinggi sehingga lebih dianjurkan digunakan sebagai wadah minuman dingin.

2. Tumbler Aluminium

Botol minum berbahan aluminium dengan model tumbler sport (kiri) dan tumbler bowling (kanan) dari Lokasoka
Botol minum berbahan aluminium dengan model tumbler sport (kiri) dan tumbler bowling (kanan) dari Lokasoka

Jenis tumbler selanjutnya terbuat dari bahan aluminium. Seperti plastik, botol aluminium juga mempunyai bobot yang sangat ringan. Meskipun begitu, durability atau daya tahannya jauh lebih baik dibandingkan botol minum berbahan dasar plastik.

Karena ringan dan lebih kokoh, botol minum aluminium sering dibawa saat beraktivitas olahraga serta mendaki gunung. Meskipun aman digunakan sebagai wadah minuman panas, bagian luar botol aluminium akan mengikuti suhu air di dalamnya. Jadi, jika Anda menyimpan air panas, bagian luarnya juga akan terasa panas. Begitu pun sebaliknya.

3. Tumbler Insert Paper

Jenis tumbler insert paper yang digemari karena harganya cukup terjangkau dari Lokasoka
Jenis tumbler insert paper yang digemari karena harganya cukup terjangkau dari Lokasoka

Umumnya, bagian luar insert paper bottle terbuat dari bahan plastik kokoh transparan. Namun, terdapat ruang kosong antara badan utama botol dengan plastik luar, yang dapat diisi dengan kertas berlabel.

Pembuatan insert paper bottle ini terbilang mudah, murah, dan sangat customizable, sehingga kerap digunakan sebagai media promosi perusahaan, souvenir pernikahan, atau kado wisuda.

4. Tumbler Stainless Steel

Tumbler vacuum flask straight dari Lokasoka yang bisa di-custom sesuai kebutuhan
Tumbler vacuum flask straight dari Lokasoka yang bisa di-custom sesuai kebutuhan

Salah satu keunggulan stainless steel bottle adalah kemampuannya dalam menjaga suhu air dalam waktu lama, baik dingin maupun panas. Suhu tersebut dapat terjaga secara konsisten, bahkan hingga 12 jam.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan aneka jenis tumbler stainless steel dengan bentuk dan desain menarik. Salah satu varian yang paling populer dan digemari adalah jenis tumbler vacuum flask. Kini, Anda dapat menemukan vacuum flask bottle yang bagian tutupnya dilengkapi dengan keterangan suhu. Cukup keren, bukan?

5. Tumbler Bambu

Tumbler bambu Lokasoka kini cukup digemari karena terkesan alami dan ramah lingkungan
Tumbler bambu Lokasoka kini cukup digemari karena terkesan alami dan ramah lingkungan

Mencari botol souvenir yang bagus dan ramah lingkungan? Botol minum dari bambu bisa menjadi solusi yang menarik. Sesuai dengan namanya, bamboo bottle menggunakan material bambu yang memberi kesan estetik dan ramah lingkungan.

Anda tak perlu khawatir karena bambu yang dipakai adalah jenis food grade sehingga aman untuk kesehatan. Material bambu yang digunakan pun tidak memakai pestisida maupun pupuk sehingga tidak mengandung bahan kimia berbahaya.

Sebagai pemanis, bamboo bottle yang dipakai untuk souvenir biasanya diberi ukiran custom. Anda dapat menambah ukiran wajah, nama orang, maupun logo kantor. Tak kalah menarik dengan jenis souvenir lainnya, bukan?

Aneka cutlery set yang dapat dikombinasikan dengan bamboo bottle jadi pilihan terbaik dari Lokasoka
Aneka cutlery set yang dapat dikombinasikan dengan bamboo bottle jadi pilihan terbaik dari Lokasoka

Agar souvenir yang diberikan semakin berkesan, Anda pun dapat memadukan bamboo bottle custom dengan mug serta aneka cutlery set lain yang juga terbuat dari bambu. Paket cutlery set semacam ini sering dipilih sebagai hampers atau bingkisan menjelang perayaan hari-hari besar.

Tips Memilih Tumbler untuk Kebutuhan Souvenir

Setelah mengetahui jenis-jenis tumbler untuk kebutuhan promosi atau souvenir, Anda pastinya tertarik untuk mendapatkan salah satunya. Agar botol custom yang dipesan sesuai dengan kebutuhan dan tidak melebihi budget Anda, mari ikuti beberapa tips berikut ini.

Review aneka tumbler custom buatan UMKM lokal dari Lokasoka

1. Pertimbangkan bahan pembuatnya

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan ketika memesan tumbler souvenir dalam jumlah banyak adalah bahan dasarnya yang aman. Sesuai dengan penjelasan di atas, jenis-jenis tumbler cukup beragam, seperti plastik, stainless steel, hingga bambu.

Masing-masing bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya saja botol minum berbahan plastik yang memiliki bobot ringan, tahan lama, harga terjangkau, tetapi tidak cocok digunakan sebagai wadah minuman bersuhu tinggi.

Karakteristik setiap bahan juga hendaknya dipilih sesuai tujuan pemakaiannya. Misalnya, pilih botol minum dari bahan stainless steel atau aluminium sebagai souvenir acara kantor bertema olahraga. Sementara itu, botol minum dari bambu akan cocok diberikan sebagai kenang-kenangan atau cinderamata untuk tamu penting.

2. Sesuaikan ukurannya dengan kebutuhan

Perbandingan tumbler berukuran 500 ml (kiri) dan 350 ml (kanan) dari Lokasoka
Perbandingan tumbler berukuran 500 ml (kiri) dan 350 ml (kanan) dari Lokasoka

Ukuran botol minum yang paling ringkas biasanya memiliki kapasitas 300 ml hingga 350 ml. Umumnya, botol minum dengan kapasitas tersebut mempunyai tinggi sekitar 20 cm sehingga dapat dimasukkan ke dalam tas dengan mudah.

Ada juga varian water bottle dengan ukuran yang lebih besar, mulai dari 500 ml hingga 1 liter. Varian ini sangat cocok dibawa ketika Anda beraktivitas di luar ruangan, seperti acara outing kantor atau piknik bersama kolega.

Sebagai tips, ukuran tumbler terbaik untuk isi paket seminar kit maupun kegiatan workshop kantor adalah 500 ml. Kapasitasnya dinilai pas, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga bisa dipakai untuk menyimpan air minum lebih lama, namun tetap compact karena ringan.

Tumbler custom dari Lokasoka sering dipilih sebagai salah satu isi paket seminar kit
Tumbler custom dari Lokasoka sering dipilih sebagai salah satu isi paket seminar kit

3. Pastikan aman untuk kesehatan

Anda juga perlu memperhatikan klaim apa yang tertulis pada label water bottle ketika membelinya. Salah satu label yang penting ada di botol minum adalah BPA Free.

Sebagai informasi, BPA atau Bisphenol-A merupakan bahan kimia berbahaya yang sering digunakan dalam proses pembuatan botol air minum isi ulang. Meminum air dari kemasan ini dapat menimbulkan beberapa masalah kesehatan, seperti gangguan fungsi otak hingga gangguan sistem reproduksi.

Jika Anda memesan botol custom dalam jumlah banyak, informasi tersebut dapat langsung ditanyakan kepada penyedia atau vendor yang Anda gunakan. Umumnya, informasi tentang bahan pembuat botol ini terletak di bagian luar kemasan.

4. Lengkapi dengan pouch agar lebih eksklusif

Tumbler custom yang dilengkapi dengan pouch kanvas serut dari Lokasoka
Tumbler custom yang dilengkapi dengan pouch kanvas serut dari Lokasoka

Kini, banyak vendor yang menyediakan jasa pembuatan pouch tumbler untuk pemesanan botol minum custom. Biasanya, model pouch yang dibuat dilengkapi serut dan dibuat dari bahan kanvas, serta diberi desain custom di bagian luarnya. Dengan pouch ini, botol souvenir Anda semakin terlihat menarik dan memberi kesan lebih eksklusif.

5. Sesuaikan harga dengan budget

Anda dapat menemukan aneka jenis tumbler dalam berbagai model dan harga di pasaran. Mulai dari yang dibanderol belasan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Semua itu tergantung dari merek, bahan yang digunakan, daya tahan, hingga desainnya.

Apapun jenis water bottle yang Anda pilih untuk souvenir, pastikan sudah disesuaikan dengan budget atau anggaran yang Anda miliki. Namun, Anda wajib tetap memperhatikan kualitasnya agar penerima souvenir Anda tidak kecewa.

6. Pilih vendor terpercaya

Jika hendak membeli souvenir dalam jumlah banyak, tips terakhir yang tidak kalah penting adalah memastikan vendor tumbler custom yang Anda pilih dapat dipercaya. Pastikan Anda mencari tahu informasi seputar latar belakang dan track record vendor sebelum mempercayakan vendor untuk memproduksi order Anda.

Jangan lupa untuk menelurusi review tentang vendor tumbler yang hendak Anda pilih dari Lokasoka

Cek juga testimoni atau ulasan dari user vendor tersebut. Mulai dari kualitas bahan, kecepatan dan ketepatan produksi, harga, hingga pelayanan yang diberikan. Salah satu vendor tumbler souvenir yang dapat Anda pilih adalah Lokasoka.

Lokasoka melayani pembuatan aneka produk souvenir kantor dan corporate gift, termasuk tumbler custom. Sejak 2016, Lokasoka sudah memproduksi puluhan ribu personalized water bottle untuk klien di dalam dan luar negeri.

Untuk memberikan pelayanan maksimal, Lokasoka siap memberikan sampel produk yang dapat dikirim langsung ke alamat Anda, serta garansi jika Anda menerima produk cacat. Tak perlu khawatir, Lokasoka juga memberikan jasa pembuatan desain secara gratis. Baca artikel berikut untuk mengenal lebih lanjut: KemenKopUKM Dukung Lokasoka Pada Acara Entrepreneur Hub 2023 di IPB University.

Jika tertarik memesan jenis tumbler unik dan eksklusif untuk kebutuhan souvenir, Anda dapat melakukan konsultasi dengan tim Lokasoka melalui tombol Whatsapp di halaman ini.