Mengenal Apa itu Tumbler, Fungsi, dan Rekomendasi Ukurannya

Apa itu tumbler? Sejak tahun 2000-an, botol minum lebih dikenal dengan nama bekennya, yaitu tumbler. Yuk, simak pengertian dan fungsinya di sini!

Mengenal apa itu tumbler, pengertian, ukuran, beserta fungsinya.
Apa itu tumbler? Tumbler adalah tempat air minum yang praktis untuk dibawa ke mana-mana.

Apa itu tumbler? Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa di era serbadigital seperti sekarang, sudah banyak cara untuk mempromosikan brand atau perusahaan. Salah satunya menjadikan tumbler sebagai souvenir.

Artikel ini akan membahas pengertian tumbler beserta fungsi dan ukurannya secara jelas. Jika Anda tertarik untuk menjadikan botol minum sebagai barang souvenir atau media promosi perusahaan, pastikan untuk menyimak artikel ini hingga tuntas. Bagi yang tertarik, Anda juga dapat membaca artikel tentang Rekomendasi Tumbler untuk Souvenir dan Media Promosi.

Apa itu Tumbler?

Kini, banyak perusahaan besar menjadikan water bottle sebagai salah satu media promosi atau souvenir untuk kegiatan kantor. Lalu, sebenarnya apa itu tumbler? Menurut KBBI, tumbler adalah wadah air minum berbentuk seperti gelas tanpa gagang yang memiliki tutup.

Tumbler vacuum flask yang ringkas dan mudah dibawa ke mana saja.
Tumbler vacuum flask yang bisa menampung air panas. Ringkas dan mudah di bawa ke mana saja.

Biasanya, botol minum terbuat dari bahan plastik atau kaca sehingga dapat menjaga suhu minuman di dalamnya. Bentuknya yang fleksibel membuatnya mudah dibawa bepergian ke mana-mana. Misalnya bekerja di kantor, pergi hangout bersama teman-teman, mendaki gunung, atau berolahraga di gym.

Kini, botol minum portable hadir dalam beragam desain dengan motif dan model yang lebih kekinian. Bentuknya pun dirancang sedemikian rupa sehingga memberi manfaat praktis bagi para penggunanya. Berkat bobotnya yang ringan, water bottle sering dibawa untuk menemani aktivitas sehari-hari banyak orang, khususnya kegiatan di luar ruangan.

Perbedaan Tumbler dan Termos

Anda perlu mengetahui perbedaan dari tumbler dan termos. Pasalnya, dua jenis wadah ini memiliki karakteristik dan fungsi yang nyaris serupa.

Secara fungsi, baik tumbler maupun termos sama-sama dipakai sebagai wadah untuk menyimpan air minum. Selain itu, dua jenis wadah minuman ini juga dirancang khusus agar dapat menahan suhu minuman tertentu dalam waktu lama.

Walau begitu, tidak semua jenis botol minum bisa menahan suhu air terlalu lama. Biasanya wadah minum yang mampu menyimpan air dengan suhu tinggi adalah yang terbuat dari bahan stainless steel. Sementara termos punya daya tahan yang sangat baik dalam mempertahankan suhu air minum di dalamnya. Bahkan bisa mencapai puluhan jam!

Sayangnya, dengan ukuran yang cukup besar, bobot termos jadi lebih berat sehingga kurang praktis untuk dibawa bepergian. Berbeda dengan tumbler yang desainnya dinamis dan fleksibel sehingga sangat praktis dibawa ke mana saja. Mulai dari bekerja di kantor, kumpul dengan teman, hingga pergi ke pusat kebugaran.

Saat ini, tersedia termos dengan ukuran lebih kecil dan ringkas yang dikenal dengan nama vacuum flask tumbler. Untuk memaksimalkan fungsinya, tumbler ini biasanya dilengkapi dengan termometer yang mengukur suhu air di dalamnya dan smart LED pada bagian tutupnya yang menampilkan keterangan suhu air ketika diketuk.

Fungsi tumbler

Tahukah Anda bahwa water bottle juga memiliki manfaat selain sebagai wadah air? Fungsi tumbler ternyata cukup beragam, mulai dari menyimpan makanan panas dan berkuah, barang koleksi, hingga media promosi.

Pemanfaatan botol minum sebagai media promosi.
Pemanfaatan botol minum dengan custom logo sebagai media promosi.

1. Sebagai wadah untuk menyimpan makanan

Dari penjelasan sebelumnya, Anda pastinya sudah memahami bahwa produk ini dipakai untuk menyimpan air minum. Itulah mengapa botol minum seringkali dibawa ketika bepergian jauh atau sekadar melakukan aktivitas outdoor, seperti jogging.

Selain minuman, banyak orang yang memanfaatkan water bottle sebagai wadah untuk menyimpan makanan, seperti kuah sayur, sop, bubur, atau hingga kolak. Hal ini karena beberapa botol minum memiliki karakteristik yang memungkinkannya mempertahankan suhu di dalamnya. Umumnya, botol yang digunakan untuk keperluan ini adalah jenis stainless steel dan aluminium.

2. Sebagai penghangat tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, water bottle dirancang untuk menahan suhu dari air minum yang disimpan di dalamnya. Bukan hanya pada bagian dalam, ada juga botol yang dapat membuat suhu air di dalamnya terasa hingga ke bagian luar.

Dalam hal ini, yang dimaksud adalah tumbler aluminium. Sesuai namanya, wadah ini dibuat dari bahan aluminium. Itulah mengapa suhu panas dari air di dalamnya dapat merambat hingga ke sisi luar wadah ini. Anda juga dapat mengonsumsi makanan dan minuman sehat untuk meningkatkan kualitas tubuh.

Dengan fungsi ini, Anda tidak perlu khawatir apabila mengalami kedinginan atau masuk angin. Cukup isi botol minum ini dengan air hangat dan biarkan panasnya merambat ke bagian luar botol.

Kalau dirasa sudah agak hangat, Anda bisa menempelkan atau mengusap badan botol pada bagian tubuh yang terasa dingin. Namun, pastikan airnya tidak terlalu panas agar tidak menyakiti kulit Anda.

Supaya lebih aman, Anda bisa membalutnya lebih dulu dengan kain handuk sebelum menempelkannya ke bagian tubuh yang dingin. Cara sederhana ini bisa meredakan rasa dingin atau tidak enak badan yang dirasakan.

3. Sebagai koleksi atau hiasan rumah

Seiring perkembangannya, botol minum tidak hanya difungsikan sebagai wadah untuk menyimpan air minum. Karena beberapa produsen kini mulai menghadirkan water bottle dalam desain dan model yang unik.

Bagi mereka yang senang mengoleksi benda-benda unik, antik, dan limited edition, pastinya tidak akan mau melewatkan model botol minum ini. Ditambah lagi water bottle dirancang khusus dengan bahan yang membuatnya bisa bertahan lama. Sangat cocok untuk Anda yang senang mengoleksi barang di etalase sebagai pajangan atau hiasan rumah. Contoh lainnya adalah lampu lampion.

Tumbler bambu dengan ukiran custom.
Tumbler bambu dengan ukiran custom yang cocok dijadikan koleksi atau cinderamata.

4. Mengurangi pemakaian limbah plastik

Ketika memutuskan membeli air minum kemasan, secara tidak langsung Anda justru akan menambah sampah yang sulit terurai. Semakin rutin membeli air minum kemasan di toko, sampah plastik akan semakin menggunung.

Alih-alih membeli air minum kemasan terus-menerus, penggunaan tumbler yang reusable cukup membantu untuk menekan pertembahan sampah plastik. Anda bisa  mulai membiasakan diri dengan membawa botol minum sendiri dari rumah. Nah, botol minum sendiri didesain dengan material khusus sehingga memiliki daya tahan yang tinggi. Jadi, alih-alih menggantinya, Anda bisa mencucinya setiap hari sebelum menggunakannya.

5. Sebagai media promosi

Fungsi tumbler kini tidak lagi terbatas pada penyimpanan air minum saja. Di era digital modern seperti sekarang, water bottle juga sering kali dijadikan sebagai media promosi perusahaan. Biasanya dengan cara diberikan sebagai merchandise kepada konsumen, klien, atau karyawan dalam lingkup perusahaan.

Souvenir kantor yang memanfaatkan tumbler custom yang dikemas dalam box eksklusif.
Souvenir kantor yang memanfaatkan tumbler custom yang dikemas dalam box eksklusif.

Ada pula perusahaan yang menjadikan water bottle sebagai souvenir untuk suatu event. Cara ini cukup bagus untuk menggaet banyak orang untuk mengunjungi event yang Anda selenggarakan.

Dalam hal ini, Anda dapat mencetak pesan terkait promosi yang diinginkan. Anda juga bisa menyertakan logo dan nama perusahaan agar dapat meningkatkan awareness orang-orang dengan brand atau kantor Anda. Karena kebanyakan orang sering membawa botol minum untuk aktivitas sehari-hari.

Ukuran tumbler yang tepat

Setelah mengetahui apa itu tumbler beserta fungsinya, Anda juga harus mengetahui apa saja ukuran botol minum yang umum dijual. Tujuannya agar Anda bisa menemukan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah penjelasan tentang ukuran tumbler.

1. Ukuran standar

Pada dasarnya, water bottle punya ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan gelas biasa. Ukuran standar tumbler adalah 350 ml sampai 500 ml. Wadah dalam ukuran tersebut terbilang sangat ringan dan nyaman untuk dibawa bepergian.

Kalau Anda termasuk orang yang suka bepergian jauh dalam waktu lama, seperti mendaki gunung, wadah minum yang disarankan adalah berukuran 620 ml hingga 1200 ml. Dengan begitu, Anda akan memiliki cadangan air dalam volume yang lebih besar selama beberapa waktu.

2. Ukuran tumbler insert paper

Apa itu tumbler insert paper? Insert paper tumbler adalah wadah air minum custom yang terbuat dari bahan plastik, dengan rongga di badannya untuk menempatkan kertas karton. Penerapan rongga tersebut akhirnya mempengaruhi volume air yang bisa ditampung dalam botol insert paper.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin membuat botol minum custom yang diberi tambahan foto atau insert kertas karton, yang terbaik adalah membeli jenis dengan ukuran 460ml. Adapun untuk ukuran kertas karton yang digunakan adalah sekitar 18cm x 6cm, mirip dengan ukuran tumbler yang dipakai pada coffee shop, seperti Starbucks.

3. Ukuran kertas untuk insert paper

Kalau Anda memutuskan untuk membuat kustomisasi desain botol minum, pastikan sudah mengetahui ukuran kertas yang tepat. Langkah ini sangat lah penting. Karena kalau ukuran kertasnya terlalu besar ataupun kecil, hasilnya tentu tidak akan terlihat bagus.

Tumbler insert paper dengan custom logo yang disesuaikan dengan ukuran tumbler.
Pilih ukuran kertas yang tepat dan pas untuk dimuat di dalam tumbler insert paper.

Untuk menghindari risiko tersebut, tentukan terlebih dahulu ukuran kertas sesuai dengan ukuran botol yang digunakan. Umumnya, botol minum berkisar 297 mm x 210 mm. Nantinya, Anda bisa menerapkan desain dan konsep apapun yang diinginkan.

Water bottle kini menjadi barang esensial yang selalu dibawa beraktivitas. Apalagi dengan desain dan kemampuannya dalam menjaga suhu minuman di dalamnya. Semoga informasi mengenai pengertian, ukuran, dan fungsi tumbler ini dapat membantu Anda dalam menemukan produk terbaik. Untuk jenis kemasan lain ada dapat melihatnya di: Jenis-jenis kemasan produk , fungsi dan contohnya.

Ecodoe siap membantu Anda yang ingin membutuhkan pengadaan botol minum custom untuk keperluan promosi perusahaan maupun souvenir kantor.  Ada banyak model dan jenis yang dapat dipilih, lengkap dengan layanan gratis pembuatan desain dan ongkos kirim bersubsidi. Yuk, pesan tumbler custom di Ecodoe sekarang untuk memenuhi kebutuhan souvenir dan promosi perusahaan Anda!