Temukan Ukuran Kalender Custom yang Pas untuk Anda

Ukuran kalender tergantung pada model kalendernya. Simak penjelasannya di sini sebelum mencetak kalender custom sendiri.

Temukan Ukuran Kalender Custom yang Pas untuk Anda
Aneka kalender custom dari Lokasoka dapat digunakan sebagai souvenir kantor andalan Anda

Tahukah Anda ukuran kalender dan model kalender dapat mendukung produktivitas sehari-hari? Meski sekarang sudah ada versi digital yang dapat dibawa ke mana saja dalam smartphone, kalender cetak tetap diminati dan memiliki keunggulan sendiri.

Table of Contents

Berdasarkan riset di Amerika Serikat yang mengamati penggunaan printed dan digital calendar, versi cetak terbukti membuat penggunanya membuat rencana yang lebih rinci. Sebab, pengguna memiliki ruang yang cukup pada calendar untuk menumpahkan rencana dan jadwalnya. Pengguna printed calendar juga cenderung lebih disiplin mengikuti jadwal.

Tampak depan model kalender meja.
Desain cover kalender cetak.

Namun, ukuran kalender manakah yang ideal untuk penggunaan harian? Selain itu, kertas macam apa yang cocok sebagai bahannya? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ini.

Ukuran Kalender Berdasarkan Model Kalendernya

Ukuran kalender dan desain yang menarik adalah dua hal yang menjadi pertimbangan saat hendak membelinya. Hal ini berlaku bagi model kalender apa saja.

Uniknya, selain berguna sebagai pengingat, calendar dapat dijadikan sebagai merchandise promosi atau freebie. Anda dapat mencetak desain branding Anda pada tiap lembarnya. Dengan harga yang sangat terjangkau, merchandise ini menciptakan brand impression yang cukup lama, setidaknya satu tahun.

Saat ini, ada lima macam model kalender cetak yang dapat ditemukan di pasaran. Masing-masing model kalender dibuat dengan bahan yang disesuaikan dengan ukuran kalender.

1. Kalender poster

Disebut poster calendar karena model kalendar ini berupa satu lembar kertas layaknya poster. Satu halaman dimanfaatkan untuk memuat seluruh penanggalan dengan halaman belakang yang dibiarkan kosong.

Model kalender poster satu halaman.
Desain kalender poster yang memuat semua penanggalan dalam satu halaman.

Variasi ukuran kalender poster adalah 40x50cm dan 50x75cm. Dengan ukuran sebesar ini, calendar dapat dipajang atau digantung pada dinding. Model kalender ini biasanya menggunakan kertas yang lebih tebal, seperti kertas dupleks.

2. Kalender dinding

Ukuran kalender dinding standar adalah 35x50cm dan 50x70cm. Karena cukup besar, model kalender ini sangat cocok untuk dipakai bersama di dalam rumah atau kantor.

Model kalender dinding sebaiknya dipajang di dinding ruangan yang letaknya strategis agar seluruh pengguna lebih mudah untuk menandai dan melihat tanggal-tanggal penting.

Model kalender dinding untuk digantung.
Ukuran kalender dinding membuatnya cocok untuk dipajang.

Pada tiap lembarnya, wall calendar menampilkan penanggalan selama satu sampai tiga bulan, tergantung tata letaknya. Sebagai vendor kalender custom, kami dapat membantu Anda dalam hal ini dengan membuatkan desain yang berkesan tanpa biaya tambahan.

3. Kalender meja

Ukuran kalender meja berkisar antara 15x21cm untuk orientasi portrait. Sedangkan yang berorientasi landscape berukuran 23x17cm. Meskipun ukurannya sedikit berbeda, keduanya memiliki rasio yang sama.

Kalender duduk dengan desain colorful.
Ukuran kalender duduk sangat pas untuk dipajang di atas meja.

Berbeda dengan wall calendar yang bersifat komunal, ukuran kalender meja membuatnya lebih bersifat personal. Karena itulah model kalender ini menjadi salah satu alat tulis custom wajib di lingkungan perkantoran.

Biasanya, pada sisi depan tiap lembar desk calendar menampilkan penanggalan satu atau dua bulan. Sisi belakangnya dapat dimanfaatkan untuk memamerkan pesan atau gambar yang menjelaskan identitas brand Anda.

4. Kalender magnetik

Magnetic calendar merupakan model kalender custom yang dapat dibuat dalam ukuran bervariasi. Namun, ukuran standarnya sebesar kartu nama atau 5x8cm atau, dan 10x20cm.

Meskipun ukuran kalender ini kecil, pengaruhnya sebagai media promosi tidak bisa dianggap remeh. Dengan magnetnya, model kalender ini dapat ditempelkan pada kulkas, loker, atau lemari arsip sehingga meningkatkan brand awareness bagi orang yang melihatnya.

5. Kalender sobek

Inilah model kalender yang paling tebal, sebab calendar ini dirancang untuk menampilkan satu tanggal pada tiap lembarnya. Sisi belakang kertas yang kosong memudahkan pengguna untuk mencatat rencana yang terkait dengan tiap tanggal.

Ukuran kalender ini cukup mungil, mulai dari 9x15cm sampai 15x18,5cm. Setelah disobek, lembaran kalender yang tipis bahkan dapat ditempel  pada buku notes atau diari sebagai pengingat untuk tanggal-tanggal spesial.

Macam-macam Kertas Kalender

Desain kalender sebagai merchandise tahun baru 2023.
Desain kalender dinding tahun baru 2023.

Setelah mengetahui model kalender beserta dan ukurannya, pembahasan mengenai kertas kalender mungkin akan membantu, terutama bagi Anda yang berencana mencetak new year calendar dalam jumlah besar. Anda pasti ingin memaksimalkan desain yang ingin Anda pamerkan, bukan?

Selain gramasi, ada tiga spesifikasi utama yang harus diperhatikan dalam memilih kertas kalender. Pertama, perhatikan permukaan kertas, lembut atau bertekstur. Kedua, lihat laminasinya, doff atau matte. Terakhir, perhatikan kecerahan kertas sebab ini akan memengaruhi hasil cetak, terutama kualitas warna pada kertas.

1. Kertas dupleks

Kertas kalender yang pertama adalah kertas yang paling tebal yaitu kertas dupleks. Gramasinya sekitar 250-450gsm. Angka gramasi yang makin besar menandakan kertas yang makin tebal.

Tekstur kertas dupleks merupakan yang paling kokoh dan kaku. Permukaannya glossy dan agak kasar. Maka jangan heran jika kertas dupleks sangat laris sebagai bahan berbagai macam kemasan. Mulai dari kemasan primer seperti kotak makanan, kotak kue, kemasan sekunder seperti dus kemasan kosmetik, bahkan kemasan tersier seperti paper bag.

Karena ketebalannya, kertas dupleks sangat cocok dijadikan poster calendar yang hanya berupa kertas stand-alone satu lembar.

2. Kertas ivory

Kertas yang satu ini memiliki tekstur yang berbeda pada tiap sisinya. Satu sisi dilapisi dengan laminasi mengilap, sedangkan sisi lainnya bertekstur matte.

Gramasi kertas ivory cukup bervariasi, mulai dari 210gsm, 230gsm, 250gsm, sampai 400gsm. Dengan kata lain, kertas ivory merupakan kertas yang cukup tebal dan kuat. Dari segi warna, kertas ivory memang cenderung lebih buram dan tidak seputih art carton.

Sama seperti kertas dupleks, kertas ivory sering kali dijadikan sebagai kemasan makanan, terutama karena permukaan yang glossy tahan terhadap air. Sedangkan sebagai kalender, kertas ivory sangat cocok untuk mencetak wall calendar.

3. Art carton

Gramasi art carton sekitar 190-310gsm. Selain cocok untuk kalender meja maupun dinding, kertas ini sangat cocok dijadikan katalog, kartu nama, kartu ucapan, sampul buku, dan label produk.

Desain kalender dinding siap cetak pada art carton.
Kalender dinding biasanya dicetak pada kertas art carton.

Dengan karakteristik permukaan yang glossy, hasil cetak pada art carton memberikan kesan elegan dengan warna yang terang dan terkesan mewah.

4. Art paper

Sama seperti art carton, art paper merupakan kertas berlaminasi yang memiliki permukaan licin atau glossy. Namun, art paper sedikit lebih ringan karena gramasinya hanya 100-230gsm.

Keunggulan kertas laminasi berpermukaan glossy adalah kandungan minyaknya yang membuat kertas tahan terhadap paparan sinar matahari. Inilah yang membuat hasil cetak pada art paper tidak mudah pudar, pecah, atau luntur. Art paper sangat cocok untuk kalender meja maupun dinding.

5. Kertas doff

Kertas doff yang tidak licin sebagai bahan kalender meja.
Kertas doff yang tidak licin sangat cocok untuk bahan kalender meja.

Karakteristik kertas doff menyerupai art paper.  Bedanya, pada permukaan kertas doff bertekstur matte dan tidak mengilap (glossy). Oleh sebab itu, kertas doff akan terasa lebih kasar dan tidak licin.

Dari segi gramasi, kertas doff hanya sedikit berbeda dari art paper, yaitu sekitar 90-150gsm. Dengan spesifikasi tersebut, kertas doff umumnya digunakan untuk mencetak sampul buku, katalog, dan brosur.

Dalam dunia percetakan kalender, pemanfaatan kertas doff dapat dijumpai pada kalender meja. Karakteristik kertas ini memudahkan pengguna dalam menandai tanggal-tanggal pentin. Bahkan, memanfaatkan ruang kosong pada calendaruntuk menulis catatan terkait lainnya.

6. Kertas HVS

Kertas kalender yang terakhir merupakan kertas dengan gramasi terendah, yaitu sekitar 80-100gsm. Artinya, kertas HVS merupakan kertas kalender yang paling tipis di antara kertas lainnya.

Kertas HVS biasanya digunakan untuk keperluan cetak halaman buku atau sebagai kertas tulis biasa. Anda dapat melihat penggunaan HVS pada kalender sobek.

Permukaan HVS tidak mengilap seperti kertas doff, sehingga warna tinta yang dicetak pada kertas HVS tampak lebih terang dan tegas, namun tidak tembus meskipun ketebalannya hanya 0,05mm.

Itu saja pembahasan mengenai ukuran kalender dan kertas kalender. Semoga artikel ini dapat membantu Anda menemukan informasi yang Anda cari.

Jelang akhir tahun seperti ini merupakan kesempatan emas untuk membagikan kalender tahun baru. Manfaatkan ukuran kalender dan layoutnya untuk menampilkan identitas dan value brand Anda. Buatlah klien, pelanggan, karyawan, atau peserta seminar Anda memulai tahun baru bersama kalender custom eksklusif dari Anda.

Cetak kalender pada buku agenda custom.
Kalender dimuat dalam buku agenda custom.

Sebagai vendor cetak kalender, Lokasoka dapat mewujudkan model kalender custom yang Anda inginkan. Selain berbahan kertas kalender, kami juga memiliki model kalender custom berbahan akrilik yang cocok disisipkan dalam hampers tahun baru. Silakan hubungi konsultan commerce kami jika Anda membutuhkan informasi dan detail terkait mengenai cetak kalender custom.