12 Rekomendasi Jenis Jaket Pria, Pas untuk Seragam Komunitas

Jenis jaket pria parka dan varsity banyak digunakan untuk seragam organisasi. Ada juga jaket trucker dan jaket kulit yang modis dan cocok untuk hangout.

Berbagai rekomendasi jaket pria untuk seragam dari Lokasoka
Berbagai rekomendasi jaket pria untuk seragam dari Lokasoka

Jaket adalah salah satu jenis apparel yang digunakan sebagai outer atau luaran, umumnya dipakai untuk menahan angin dan cuaca dingin. Bukaan outer ini biasanya berupa ritsleting atau kancing. Namun, ada juga jenis jaket pria yang tidak dilengkapi bukaan tambahan.

Selain digunakan untuk melindungi diri dari hawa dingin, jacket atau coat juga sering dipakai sebagai item fashion.

Tapi jangan salah, pastikan tipe jaket pria yang dipilih sesuai dengan kegiatan yang Anda lakukan atau event yang Anda hadiri. Dengan padu padan yang cocok, dijamin Anda akan tampil semakin menarik.

Beberapa komunitas atau organisasi biasanya memilih jacket sebagai apparel yang digunakan khusus ketika melakukan kegiatan tertentu.

Anda butuh rekomendasi model coat kekinian? Yuk, simak jenis-jenis jaket pria keren yang bisa dipilih untuk seragam komunitas atau organisasi di bawah ini!

Jenis-Jenis Jaket Pria

Konveksi seragam memiliki macam-macam jaket pria, masing-masing berbeda model, desain, serta bahan pembuatnya. Agar tidak bingung, mari simak penjelasan mengenai aneka jenis jaket untuk pria berikut ini sebagai referensi Anda.

1. Leather jacket

Mencari outer untuk menyuguhkan classic look? Model jaket kulit bisa jadi solusinya. Pemakaian bahan kulit yang kedap air membuatnya cocok dikenakan pada suhu dingin, berkabut, maupun kondisi hujan.

Jaket kulit Lokasoka merupakan salah satu tipe jaket pria yang paling disukai
Jaket kulit Lokasoka merupakan salah satu tipe jaket pria yang paling disukai

Bagi Anda yang hobi naik motor atau touring, bahan kulit biasanya dipakai sebagai jaket motor. Biasanya, biker jacket dibalut warna gelap seperti hitam dan brown.

Jaket kulit adalah tipe jaket pria yang sangat modis, pesan di Lokasoka sekarang
Jaket kulit adalah tipe jaket pria yang sangat modis, pesan di Lokasoka sekarang

Warna-warna maskulin ini menciptakan kesan tangguh dan bergaya. Untuk look yang aman namun tetap stylish, padukan leather jacket dengan jeans dan T-Shirt.

2. Jaket bomber

Jenis jaket pria ini dikenal juga dengan nama flight jacket atau jaket penerbangan. Awalnya, bomber jacket dibuat untuk kebutuhan seragam awak pesawat Angkatan Udara Amerika.

Ciri khas jaket bomber adalah karet pada bagian bawah dan pergelangan tangan, pesan di Lokasoka
Ciri khas jaket bomber adalah karet pada bagian bawah dan pergelangan tangan, pesan di Lokasoka

Bentuk bomber outer umumnya cukup pendek sampai ke pinggang dengan ritsleting di bagian depannya. Desainnya yang keren membuat bomber jacket disukai banyak orang, pilihan sempurna untuk gaya kasual yang nyaman dan hangat.

3. Jaket denim

Jaket denim dengan bordiran logo custom dari Lokasoka
Jaket denim dengan bordiran logo custom dari Lokasoka

Selama bertahun-tahun, outer dari bahan denim telah menjadi tren di masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Karena sifatnya yang kuat, apparel dari bahan denim awet digunakan dalam waktu lama.

Meskipun outer unisex, jaket denim Lokasoka juga sangat digemari oleh kaum adam
Meskipun outer unisex, jaket denim Lokasoka juga sangat digemari oleh kaum adam

4. Jaket parka

Jaket pria model parka adalah opsi terbaik bagi Anda yang ingin tetap merasa hangat di cuaca apapun. Outer ini menawarkan perlindungan maksimal dari angin, air, serta suhu dingin untuk penggunanya.

Tersedia beragam pilihan warna klasik yang umumnya dipilih. Mulai dari hitam, hijau army, hingga biru navy. Anda bisa memadukan parka dengan sweater, jeans, serta sepatu boots di kala cuaca dingin.

5. Jaket varsity

Jaket pria gaya varsity hadir dalam desain cukup unik, biasanya dibalut warna yang berbeda di bagian badan dan lengan. Terdapat pula motif horizontal stripes pada bagian pergelangan tangan dan kerah yang memberikan kesan sporty.

Jaket varsity Lokasoka memberikan tampilan yang sangat sporty dan keren
Jaket varsity Lokasoka memberikan tampilan yang sangat sporty dan keren

Varsity jacket pada awalnya adalah apparel almamater sebuah kampus ternama. Ciri khasnya terdapat pada bordiran huruf berukuran cukup besar di bagian dada sebelah kiri atau kanannya.

Jika berniat membuat apparel untuk komunitas kampus atau sekolah, varsity bisa menjadi opsi tepat.

6. Jaket Harrington

Tipe jaket pria harrington dikenal juga sebagai jaket golf. Ciri khasnya terdapat pada ukurannya yang pendek dengan manset elastis pada bagian pergelangan tangan dan pinggang.

Biasanya, harrington jacket terbuat dari bahan yang tahan air (waterproof) dan ringan. Pada bagian depan harrington jacket terdapat bukaan berupa ritsleting.

7. Trucker jacket

Nama trucker jacket mungkin masih terdengar asing. Bagi yang belum tahu, trucker adalah tipe jaket pria dengan kancing depan yang biasanya dilengkapi saku ganda di bagian dada.

Jaket trucker dengan bahan denim yang memberikan kesan formal santai, pesan di Lokasoka
Jaket trucker dengan bahan denim yang memberikan kesan formal santai, pesan di Lokasoka

Trucker jacket biasanya dibuat dari bahan denim, katun, atau kulit sintetis. Bahkan, bahan kanvas yang biasa diproduksi sebagai tas kain juga bagus untuk dijadikan trucker jacket. Warna yang digemari adalah hijau army, hitam, serta aneka shade coklat seperti caramel dan beige.

Karena modelnya yang simpel, trucker jacket sempurna dijadikan outer untuk berakhir pekan bersama pasangan.

8. Jaket fleece

Jika dilihat dari depan, fleece coat tampak lembut dan nyaman. Sifatnya hangat, halus, dan memiliki kesan sedikit berbulu ketika diraba pada bagian permukaannya.

Model jacket yang menggunakan bahan fleece biasanya adalah hoodie, sweater, dan crewneck. Berbeda dengan bahan denim atau kulit, fleece jacket tidak kaku dan dapat mengikuti bentuk tubuh.

9. Puffer coat

Puffer banyak disebut sebagai jaket gunung karena sering dipakai oleh pecinta alam atau pendaki. Karena sifatnya yang sangat hangat, sebaiknya Anda tidak mengenakan puffer coat saat cuaca panas terik agar tidak kepanasan.

Puffer coat Lokasoka sangat cocok untuk menghangatkan Anda di musim dingin
Puffer coat Lokasoka sangat cocok untuk menghangatkan Anda di musim dingin

Biasanya, puffer coat banyak dicari oleh komunitas yang akan melakukan perjalanan ke negara-negara beriklim dingin. Pada gambar di atas, puffer dikenakan sebagai lapisan tambahan untuk denim.

10. Coach jacket

Varian coach jacket identik dengan permukaan yang tampak halus dan bersih. Bagian pergelangan tangannya dilengkapi bahan karet sehingga terasa elastis dengan karet. Selain itu, model ini memiliki bukaan berupa kancing depan.

Meskipun bahannya terlihat tipis, jenis jaket pria ini dirancang untuk menahan terpaan angin. Sifatnya yang tahan air juga membuatnya pas digunakan di lingkungan lembab dan sedikit basah.

Contoh jaket coach dengan logo yang dicustom sendiri dari Lokasoka
Contoh jaket coach dengan logo yang dicustom sendiri dari Lokasoka

Jaket coach adalah satu model apparel yang banyak digemari organisasi atau komunitas anak-anak muda. Umumnya, bagian belakangnya diberi logo atau aksen tertentu sebagai identitas komunitas.

Ada juga yang menambahkan tulisan besar di bagian lengannya, menyuguhkan look keren dan unik. Tampilannya tidak berat, sangat pas untuk gaya casual dan aktivitas sehari-hari.

11. Jaket chore

Umumnya, chore coat dibuat dari material kain yang kuat dan tahan lama seperti kanvas. Namun, banyak model chore coat yang memakai kain twill, denim, serta katun.

Ciri utama chore coat adalah satu atau dua saku di bagian dada, dua saku lapang di bagian pinggang, kerah yang tampak runcing, serta bukaan berupa kancing depan.

12.  Field jacket

Terinspirasi dari military jacket M65 yang ikonik, jenis jaket pria ini dilengkapi dengan ritsleting depan serta kerah yang bisa dikancingkan. Fungsinya adalah untuk memberi perlindungan yang maksimal bagi pemakainya.

Umumnya, jaket lapangan dibuat dari bahan anti air dengan setidaknya empat kantong di bagian luar, dan beberapa saku tambahan di bagian dalamnya. Model jaket ini makin populer setelah aktor Robert De Niro memakainya dalam film Taxi Driver.

Karena pada awalnya didesain untuk kebutuhan seragam militer, field jacket sering dibalut warna hijau army, moss, olive, dan forest green. Namun, banyak brand clothing yang menghadirkan suasana baru dengan warna-warna menarik lainnya.

Tips Memilih Jacket untuk Seragam Organisasi

Setelah mengetahui macam-macam jaket pria, ada beberapa tips agar Anda tidak salah pilih produk. Selain itu, bagi Anda yang sedang mencari konveksi jaket untuk membuat seragam komunitas, hal-hal di bawah ini perlu dijadikan pertimbangan.

Perhatikan bahannya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih jacket adalah jenis kain untuk pembuatannya. Setiap jenis jaket pria dibuat menggunakan berbagai bahan berbeda. Anda bisa memilih bahan jaket tersebut sesuai dengan kenyamanan memakainya.

Sebaiknya, pilihlah jenis jaket pria yang dibuat menggunakan bahan yang memiliki sirkulasi udara bagus agar Anda tidak mudah gerah dan tetap adem ketika memakainya.

Jaket fleece Lokasoka cocok untuk digunakan sehari-hari karena kenyamanan dan tampilannya yang kasual
Jaket fleece Lokasoka cocok untuk digunakan sehari-hari karena kenyamanan dan tampilannya yang kasual

Jika Anda hendak memesan coat untuk kebutuhan apparel organisasi, tak ada salahnya meminta masukan kepada jasa konveksi yang Anda pakai.

Sesuaikan dengan bentuk tubuh

Coat adalah jenis apparel yang digunakan sebagai outer atau lapisan tambahan untuk memberi perlindungan lebih pada tubuh. Sehingga, ada baiknya Anda memilih tipe jaket pria dengan size sedikit lebih besar dari ukuran tubuh Anda.

Pertimbangkan tujuan penggunaan

Macam-macam jaket pria dibuat berdasarkan fungsi dan tujuan pemakaiannya. Jika komunitas Anda banyak beraktivitas di alam bebas, ada baiknya memilih tipe jaket pria yang waterproof dan mampu memberi perlindungan maksimal saat kondisi berangin.

Sementara bagi Anda yang ingin membuat apparel dengan tujuan pelengkap fashion seperti komunitas motor, leather jacket atau jaket denim bisa menjadi opsi menarik.

Periksa fitur tambahan

Untuk menarik minat dan memenuhi kebutuhan konsumen, banyak brand clothing menambahkan sejumlah fitur tambahan, seperti jumlah kantong atau saku, model kancing yang menarik, hingga bulu-bulu hangat di bagian kerah.

Karena harganya lebih tinggi daripada model standar, pastikan agar fitur-fitur tersebut menambah nilai fungsi jaket, serta tidak mengurangi kenyamanan dan tampilan jaket.

Sesuaikan dengan budget, konveksi jaket bisa jadi pilihan hemat

Kini, tersedia beragam brand yang menjual macam-macam jaket pria. Model, kualitas, dan harganya pun sangat bervariasi.

Sebagai tips, jika ingin membuat apparel dalam jumlah banyak untuk seragam kampus, organisasi, komunitas, atau kantor, Anda dapat memakai jasa konveksi pakaian.

Karena pesan lebih banyak, konveksi pakaian biasanya menawarkan harga lebih murah daripada brand yang menjual apparel jumlah satuan.

Lokasoka melayani jasa konveksi jaket yang dapat di-custom dengan keinginan dan kebutuhan. Tidak hanya custom logo, bahannya pun dapat Anda pilih sesuai keinginan.

Jika Anda membutuhkan pengadaan jacket dengan model dan bahan dari brand tertentu, Lokasoka bisa mencarikan, kemudian menambahkan custom logo sesuai keinginan Anda.

Di samping itu, Lokasoka juga melayani pengiriman sampel produk ke alamat Anda sebelum jacket custom dibuat dalam jumlah banyak. Lokasoka turut memberikan jaminan garansi serta gratis biaya pengiriman bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta.

Jadi, jenis jaket pria mana yang menarik perhatian Anda? Bingung? Hubungi tim konsultan Lokasoka dengan klik tombol Whatsapp di pojok kanan halaman ini!