10 Jenis Kain yang Bagus dan Nyaman untuk Bahan Topi

Apa saja aneka jenis kain yang nyaman untuk dijadikan bahan topi? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Lokasoka sediakan berbagai jenis kain yang bagus dan nyaman untuk bahan topi
Lokasoka sediakan berbagai jenis kain yang bagus dan nyaman untuk bahan topi

Topi merupakan aksesori yang disukai banyak orang. Dengan jenisnya yang beraneka ragam, topi dapat disesuaikan dengan gaya Anda untuk tampil lebih modis. Sebenarnya, fungsi utama topi sendiri adalah melindungi kepala, wajah, bahkan kulit kepala dari paparan sinar matahari langsung. Hebatnya, pemakaian topi tidak akan menghalangi penyerapan vitamin D alami yang berguna untuk kesehatan rambut.

Contoh pemakaian topi dengan custom desain logo sendiri dari Lokasoka
Contoh pemakaian topi dengan custom desain logo sendiri dari Lokasoka

Di samping fungsi dan manfaatnya, pemakaian topi sering dikaitkan dengan masalah rambut rontok, menghambat pertumbuhan rambut, bahkan membuat rambut menipis. Padahal, menurut ahli trikologi Amerika, dr. Justin Hueston, faktor genetiklah yang berperan besar dalam masalah rambut rontok. Dengan kata lain, topi tidak bisa dikatakan sebagai penyebab rambut rontok.

Topi dapat memengaruhi kesehatan rambut jika dipakai terlalu ketat selama berhari-hari. Kotoran dan keringat yang terjebak di dalam topi dapat membuat kulit kepala lembap. Inilah yang bisa memicu rambut rontok. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bahan topi yang bagus agar tahu cara merawat dan menjaga kebersihan topi Anda.

Berikut ini kami sudah merangkum pembahasan mengenai beberapa bahan utama topi sebagai referensi untuk Anda yang ingin membeli topi untuk pemakaian pribadi atau souvenir promosi.

Bahan Topi yang Bagus

Dari topi baseball, topi fedora, sampai kupluk dan baret, Anda mungkin penasaran kenapa topi begitu nyaman dipakai, apa pun jenis dan bahannya. Bahan apa yang membuat topi terasa sejuk selagi tetap melindungi kepala Anda?

Untuk mengetahui cara merawat topi pun Anda perlu memahami bahannya. Sebab, tiap bahan memiliki daya tahan yang berbeda, jadi, cara perawatannya pun akan berbeda. Beberapa macam bahan yang saat ini paling umum digunakan dalam pembuatan topi, di antaranya:

Polyester

Bahan topi polyester adalah bahan sintetis yang mudah kering. Harganya cukup terjangkau sebagai komponen utama pembuatan topi. Keunggulan topi polyester yaitu bahan ini sudah melalui proses pre-shrunk, tahan air, dan tidak terasa gerah.

Jika Anda memakai topi setiap hari, sebaiknya pilihlah bahan topi polyester yang dicap sebagai bahan topi yang bagus untuk kesehatan rambut. Pasalnya bahan topi polyester dapat menyerap keringat sehingga tidak membuat kulit kepala Anda lembap. Topi polyester cocok untuk dikenakan oleh Anda yang senang berolahraga memakai topi. Bahan ini pun bersifat melar, sehingga cocok untuk pembuatan topi ukuran All Size.

Nilon

Bahan nilon unggul dalam hal bobotnya yang ringan dibandingkan topi polyester. Hal ini membuat topi nilon terasa menyejukkan jika digunakan di bawah panas terik. Nilon terkadang hanya digunakan pada bagian atas atau crown topi. Namun secara keseluruhan, bahan nilon memberikan fitur anti-air pada topi.

Bahan nilon juga dijadikan sebagai topi tanpa kain keras, seperti pada topi baseball untuk keperluan naik gunung. Pada topi seperti ini, bagian panelnya tidak diberikan penyangga sehingga topi lebih breathable selama dipakai untuk berkegiatan di alam terbuka.

Katun drill

Bahan topi drill adalah bahan katun yang lembut dan breathable karena terbuat dari serat alami. Dua fitur tersebut merupakan prioritas utama penggemar topi yang ingin mencari kenyamanan dan kesejukan ketika memakai topi seharian.

Produk topi yang menggunakan bahan drill dari Lokasoka
Produk topi yang menggunakan bahan drill dari Lokasoka

Bahan topi drill biasanya dicampur dengan serat alami lain atau bahan sintetis, seperti bahan topi polyester, bahan topi laken, rayon, dan linen. Pencampuran ini membuat topi drill lebih tahan lama karena tidak mudah menyusut, memudar, atau mengerut.

Bahan drill menghasilkan topi berpermukaan lembut dan sangat stylish. Bahan ini juga kuat dan mudah dibersihkan. Bahan topi drill yang cenderung mudah berkerut dapat Anda akali dengan menyemprotkan cairan pelicin pakaian. Untuk menjaga bentuknya, Anda bisa mencucinya sendiri dengan tangan.

Berbeda dengan polyester, bahan topi drill meninggalkan lebih banyak residu keringat pada kulit kepala. Namun, serat alaminya yang hypoallergenic dapat mengendalikan kelembapan sehingga kulit kepala Anda akan terhindar dari iritasi.

Wol

Karena kehangatannya, bahan wol memang masih unggul sebagai komponen utama pembuatan topi rajutan untuk musim dingin, seperti kupluk dan baret. Bahan wol juga umumnya dipakai untuk membuat topi fedora.

Namun, bahan wol disinyalir dapat membuat rambut rapuh karena menyerap kelembapan rambut sehingga membuat rambut kering dan mudah rapuh. Untuk mencegah hal itu, Anda bisa mengenakan tudung satin sebelum memakai topi wol. Dengan begitu, bahan wol tidak akan menempel langsung pada rambut Anda.

Linen

Sama seperti katun, linen merupakan serat alami yang diekstrak dari tanaman rami. Jika Anda menginginkan bahan alami yang hypoallergenic selain katun, linen patut Anda pertimbangkan.

Bahan linen memiliki sifat lembut dan nyaman saat menyentuh kulit. Topi bahan linen memberikan kesan santai dan tidak terasa gerah jika digunakan selama musim panas.

Kanvas

Bahan kanvas merupakan bahan yang padat dan kokoh, namun serbaguna. Berawal sebagai bahan baku produk outdoor seperti tenda dan layar perahu, berkat daya tahannya, saat ini kanvas banyak dimanfaatkan untuk produk lain, seperti jaket, tote bag, sepatu, dan topi.

Topi bahan kanvas dari Lokasoka yang diklaim cukup sejuk saat digunakan
Topi bahan kanvas dari Lokasoka yang diklaim cukup sejuk saat digunakan

Konstruksi bahan yang berat menjaga bahan kanvas tetap rapi dan tidak mudah lecek. Tekstur bahan kanvas memang agak kasar, namun kerapatannya dapat mencegah masuknya kotoran. Anda dapat mencuci bahan kanvas sesekali atau cukup bersihkan saja noda yang menempel pada bagian tertentu.

Rafel

Bahan topi rafel sering kali digunakan dalam pembuatan topi karena teksturnya yang lebih tebal dari bahan lain. Meskipun karakteristiknya sekilas mirip bahan denim, bahan topi rafel tidak setebal dan sekaku bahan denim karena serat kainnya lebih tipis.

Custom logo yang ditempel pada topi bahan rafel didesain oleh Lokasoka
Custom logo yang ditempel pada topi bahan rafel didesain oleh Lokasoka

Untuk pembuatan topi, terutama topi baseball, clothing line seperti distro biasanya menggunakan bahan topi rafel yang agak berbulu seperti suede dan bahan topi laken. Bahan topi rafel tersedia dalam aneka pilihan warna yang terang dan tidak mudah pudar.

Ripstop

Bahan ripstop sebenarnya adalah variasi dari bahan nilon. Bedanya, ripstop dibuat dengan tekstur kotak-kotak untuk mencegah atau menahan sobekan sehingga lebih kuat dari nilon biasa. Bahan ripstop sangat breathable dan berkualitas tinggi karena selain ringan, bahan ini pun anti-air. Dengan berbagai macam warna, ukuran, dan ketebalan, penggunaannya bisa Anda jumpai dalam berbagai perlengkapan outdoor, seperti tas gunung, sleeping bag, tenda, dan topi.

Denim

Bahan denim lebih dikenal dengan sebutan jeans karena bahan ini identik dengan celana jeans. Denim, sama seperti bahan topi drill, termasuk ke dalam jenis kain dengan pola tenun twill. Inilah yang menjadikan denim sebagai bahan yang tahan lama. Bahan denim juga dapat menyamarkan kotoran sehingga cocok untuk menemani Anda menjalani segala aktivitas di luar ruangan.

Tekstur denim yang sempurna membutuhkan bahan katun 100% dengan benang nila, abu-abu, dan putih. Begitu pula dengan denim untuk topi bahan jeans. Pemakaian rutin dan berkala membuatnya sangat nyaman karena bentuknya akan mengikuti kepala Anda. Selain itu, perpaduan warna dan pola denim dijamin membuat Anda terlihat keren.

Laken

Bahan topi laken berupa kain berbobot sedang dengan pola tenunan erat. Hasilnya, teksturnya menjadi berkilau dan halus. Sebenarnya, bahan laken lebih sering digunakan untuk membuat kemeja dan blus. Bahkan, bahan ini pun bagus untuk dijadikan quilting kasur.

Panel topi berbahan kain laken dari Lokasoka diproduksi oleh pengrajin lokal
Panel topi berbahan kain laken dari Lokasoka diproduksi oleh pengrajin lokal

Sebagai topi, bahan topi laken memberikan kesan mewah dan profesional ketika dipakai. Keunggulannya adalah bahan topi laken dapat melepaskan bau yang terjebak di dalam topi ketika dicuci. Untuk merawatnya, Anda dapat mencuci bahan topi laken dengan tangan menggunakan air dingin. Kemudian keringkan secara alami dengan cara menggantungnya agar bentuknya tetap terjaga.

Produsen topi sangat teliti dalam memilih bahan topi yang bagus demi menjaga keselarasan antara fungsi estetis sebagai aksesori fashion dan fungsi praktisnya sebagai pelindung kepala. Orang-orang dalam industri topi selalu mencari campuran bahan baru yang bisa dimanfaatkan untuk membuat produk topi unggulan di tengah pasar yang kompetitif ini.

Bagi para pecinta topi, mengetahui bahan utama topi sangatlah penting. Memilih topi berdasarkan desain saja tidaklah cukup sebab pilihan bahan pembuatan topi sangat mempengaruhi fungsi dan daya tahannya. Bahan merupakan poin yang patut dipertimbangkan jika ingin merasakan manfaat maksimal dari biaya yang Anda keluarkan untuk sebuah topi.

Setelah mengetahui aneka ragam bahan topi yang bagus, kira-kira bahan apa yang menjadi pilihan Anda? Jika Anda sudah menemukan bahan yang Anda sukai, namun tidak tahu vendor topi yang bagus, jangan khawatir, Lokasoka bisa mewujudkannya untuk Anda. Apalagi jika Anda membutuhkan topi custom atau topi promosi. Lokasoka bisa menyesuaikan bahan pilihan Anda dengan desain Anda.

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yaitu 25 Jenis Bahan Kaos Polos yang Adem, Cocok untuk Kulit Sensitif, dan Terlengkap. Konsultan Commerce Lokasoka juga siap membantu Anda, terutama untuk layanan konsultasi desain tanpa biaya tambahan. Tunggu apalagi? Hubungi konsultan kami langsung melalui whatsapp dengan mengklik tombol di pojok kanan bawah halaman ini.