20 Desain Kalender yang Cocok untuk Souvenir Kantor dan Hadiah Bagi Relasi Bisnis

Lokasoka menyediakan aneka bentuk kalender yang unik dan menarik
Lokasoka menyediakan aneka bentuk kalender yang unik dan menarik

Saat ini kalender sudah menjadi sebuah kebutuhan perusahaan dikarenakan keunggulannya yang multifungsi. Bukan hanya sebagai penunjuk waktu namun juga sebagai alat promosi perusahaan tersebut. Karena itu bagi Anda yang ingin menjadikan kalender sebagai souvenir kantor perlu memperhatikan desain kalender.

Desain kalender bermacam-macam mulai dari kalender meja dan kalender dinding yang sangat umum ditemui. Namun ada juga kalender berkarakter unik dan kalender mini yang cocok dipajang di atas meja guru-guru TK dan SD. Hal ini untuk menambah ketertarikan para pelajar secara tidak langsung.

Karena itu perhatikan baik-baik artikel tentang desain kalender ini. Kurang lengkap jika Anda belum membaca artikel 10 Alasan Kalender Meja dan Kalender Cetak Masih Dibutuhkan Daripada Kalender Digital. Anda akan menyadari bahwa kalender cetak masih sangat penting di era digital saat ini. Selamat membaca!

Fungsi Kalender Sebagai Souvenir Kantor

Kalender bukan hanya sekedar alat untuk mencatat tanggal-tanggal penting, tetapi juga dapat berfungsi sebagai souvenir kantor yang memiliki nilai lebih. Sebagai hadiah yang sering diberikan dalam acara-acara perusahaan, berikut adalah empat fungsi menarik dari kalender sebagai souvenir kantor:

1. Menginspirasi Produktivitas Sepanjang Tahun

Kalender dengan desain inspiratif dapat menjadi pemicu produktivitas bagi karyawan. Setiap bulan, gambar atau kutipan motivasi baru memberikan dorongan semangat yang berbeda. Pemandangan alam yang menenangkan atau kutipan inspiratif dapat membantu menjaga semangat kerja sepanjang tahun, sehingga kalender tidak hanya menjadi alat praktis, tetapi juga menjadi sumber inspirasi.

2. Brand Representatif Perusahaan

Souvenir kantor adalah cara untuk mempromosikan brand perusahaan kepada karyawan, pelanggan, dan mitra bisnis. Kalender yang dirancang dengan logo dan pesan perusahaan akan terus memperkuat hubungan antara brand dan penerima souvenir. Setiap kali kalender digunakan atau dilihat, perusahaan akan diingat dengan positif, membangun kesan yang kuat dan positif.

3. Mendukung Kedisiplinan Waktu

Kalender tidak hanya membantu mengatur jadwal, tetapi juga membangun kedisiplinan waktu. Dengan melihat tanggal-tanggal penting secara visual, karyawan lebih cenderung mengatur pekerjaan dan tanggung jawab mereka dengan lebih efisien. Penggunaan kalender sebagai souvenir kantor tidak hanya memberikan manfaat kepada perusahaan dalam hal produktivitas, tetapi juga membantu karyawan mengembangkan kebiasaan positif dalam mengelola waktu.

4. Menghadirkan Sentuhan Personal

Kalender sebagai souvenir dapat diubah menjadi hadiah yang lebih personal dengan menambahkan foto-foto perusahaan atau momen-momen istimewa dari perjalanan bisnis atau acara perusahaan. Sentuhan personal ini menciptakan ikatan emosional yang lebih kuat antara perusahaan dan penerima, menggarisbawahi arti penting relasi bisnis yang berkelanjutan.

Fungsi Kalender Sebagai Hadiah Bagi Relasi Bisnis

Kalender poster dari Lokasoka cocok sebagai hadiah bagi klien bisnis Anda
Kalender poster dari Lokasoka cocok sebagai hadiah bagi klien bisnis Anda (Sumber: Pexels)

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, menjaga hubungan yang kuat dengan mitra, pelanggan, dan rekanan adalah kunci sukses. Kalender bukanlah hadiah biasa; ia memiliki potensi untuk memperkuat relasi bisnis. Berikut adalah empat fungsi menarik dari kalender sebagai hadiah bagi relasi bisnis:

1. Mengingatkan Keberlanjutan Hubungan

Dalam era digital yang serba cepat, kalender fisik hadir sebagai simbol keberlanjutan hubungan bisnis. Memberikan kalender kepada relasi bisnis mengirimkan pesan bahwa Anda menghargai kerja sama yang telah terjalin dan berharap hubungan tersebut terus berkembang.

2. Membangun Kesan Profesional

Kalender yang dirancang dengan estetika yang baik dan mencerminkan identitas brand perusahaan Anda akan menciptakan kesan profesional. Ketika kalender tersebut ditempatkan di meja atau dinding, hal ini akan mengingatkan relasi bisnis tentang komitmen Anda terhadap kualitas dan detail.

3. Mendukung Pengenalan Brand

Hadiah yang berguna seperti kalender akan sering dilihat oleh penerima. Dengan mencantumkan logo dan informasi perusahaan dengan cerdas, Anda memberikan kesempatan bagi brand Anda untuk dikenali lebih luas. Setiap kali kalender digunakan, brand Anda semakin tertanam dalam kesadaran relasi bisnis.

4. Memberikan Manfaat Fungsional Sehari-hari

Kalender tidak hanya menjadi hiasan, tetapi juga alat praktis yang digunakan sehari-hari. Dengan memberikan kalender yang berguna, Anda menyampaikan pesan bahwa Anda peduli dengan kenyamanan dan efisiensi relasi bisnis. Ini dapat menciptakan koneksi yang lebih dalam dan bermakna.

12 Bentuk-Bentuk Kalender yang Wajib Diketahui

Banyak kalender unik dari Lokasoka dalam bentuk buku agenda, bentuk mini, dan bentuk pentagon
Banyak kalender unik dari Lokasoka dalam bentuk buku agenda, bentuk mini, dan bentuk pentagon (Sumber: Pexels)

Apakah Anda sudah tahu bahwa kalender itu memiliki banyak sekali bentuk. Hal ini bisa muncul karena kebutuhan orang semakin beragam. Para pelaku usaha umumnya menggunakan kalender meja yang cepat dilihat ketika mereka sedang bekerja dalam ruangan. Sedangkan sebagian orang yang bekerja dengan mobilitas tinggi lebih memilih kalender dalam bentuk buku catatan yang mudah dibawa kemana saja. Simak ulasan lebih lengkap di bawah ini!

1. Kalender Meja

Kalender meja terbuat dari bahan Art Carton dengan gramatur berkisar antara 190-260 gr. Biasanya memiliki ukuran sekitar 5x7 inci hingga 8x10 inci. Untuk tampilan yang jelas, disarankan menggunakan font seperti Arial atau Helvetica.

2. Kalender Dinding

Kalender dinding menggunakan kertas Art Paper dengan gramatur sekitar 100-150 gr. Ukurannya umumnya 11x17 inci atau 12x18 inci. Font seperti Impact atau Futura cocok digunakan untuk memastikan tulisan terbaca dengan baik.

3. Kalender Poster

Kalender poster menggunakan kertas Matte Paper atau Doff Paper dengan gramatur sekitar 100-150 gr. Ukurannya lebih besar, umumnya mencapai 18x24 inci atau lebih besar. Tampilan tanda jadi mewah dapat diperoleh dengan font seperti Century Gothic atau Garamond.

4. Kalender Jam 2 in 1

Kalender jam 2 in 1 umumnya terbuat dari Art Carton dengan gramatur sekitar 200 gr. Ukurannya disesuaikan dengan desain jam. Font modern seperti Roboto atau Lato akan memperkuat tampilan yang canggih.

5. Kalender Mini

Kalender mini menggunakan Matt Paper dengan gramatur sekitar 120 gr. Ukurannya kecil, sekitar 3x5 inci. Gunakan font yang simpel seperti Verdana atau Tahoma untuk memastikan keterbacaan.

6. Kalender Saku

Kalender saku sering menggunakan kertas Local Fancy Paper dengan gramatur sekitar 100 gr. Ukurannya sekitar 4x6 inci. Font seperti Calibri atau Open Sans akan memberikan tampilan yang profesional.

7. Kalender Magnet

Kalender magnet umumnya menggunakan kertas Art Paper dengan gramatur sekitar 150 gr dan dilapisi laminasi. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran magnet. Font seperti Arial atau Helvetica cocok untuk tampilan yang jelas.

8. Kalender Buku Catatan

Kalender buku catatan menggunakan Matt Paper dengan gramatur sekitar 120 gr. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran buku catatan. Font seperti Georgia atau Book Antiqua cocok untuk tampilan klasik.

9. Kalender Mouse Pad

Kalender mouse pad menggunakan Matt Paper dengan lapisan laminasi sesuai kebutuhan. Font seperti Impact atau Arial Black cocok untuk tampilan yang tegas dan jelas.

10. Kalender Pentagon

Kalender pentagon terbuat dari Art Carton dengan gramatur sekitar 300 gr. Ukurannya disesuaikan dengan desain. Font modern seperti Futura atau Avant Garde akan memperkuat kesan unik.

11. Kalender Kubus

Kalender kubus menggunakan Art Carton dengan gramatur sekitar 300 gr. Ukurannya disesuaikan dengan ukuran kubus. Font seperti Arial Narrow atau Impact cocok untuk tampilan yang mencolok.

12. Kalender Berkarakter Unik

Kalender dengan karakter unik sering menggunakan Ivory Paper dengan gramatur berkisar antara 210-310 gr. Ukurannya disesuaikan dengan desain karakter. Pilih font yang sesuai dengan karakter atau tema yang dihadirkan.

Demikianlah artikel tentang berbagai desain kalender yang cocok jadi souvenir kantor serta hadiah bagi relasi bisnis. Lengkapi pengetahuan Anda mengenai kalender sebelum mencetaknya disini: 13 Hal Penting Sebelum Cetak Kalender Custom di Percetakan yang Harus Diperhatikan. Bukan hanya tips sebelum mencetak kalender, Anda juga akan tahu keunggulan kalender custom dari kalender biasa. Selamat membaca!