Pahami Memilih Jenis Souvenir Perusahaan Eksklusif yang Berkesan untuk Acara Perusahaan Anda

Pahami Memilih Jenis Souvenir Perusahaan Eksklusif yang Berkesan untuk Acara Perusahaan Anda

Bangga buatan indonesia

Pernahkah Anda mengadakan sebuah acara dan memerlukan souvenir perusahaan eksklusif untuk peserta atau pengisi acara? Souvenir menjadi satu hal yang cukup penting dalam sebuah acara. Setiap acara biasanya memiliki jenis souvenir yang disesuaikan dengan tema acara yang diadakan. Ada cukup banyak jenis barang yang dapat dijadikan souvenir acara perusahaan, namun tidak semua jenis souvenir dapat diberikan kepada semua pihak. Ada beberapa souvenir yang tidak cocok dan bisa menjatuhkan kredibilitas perusahaan Anda jika memberi souvenir tersebut.

Oleh karena itu, muncul istilah souvenir eksklusif. Souvenir eksklusif merupakan jenis souvenir di atas standar dari segi kualitas maupun desain. Souvenir eksklusif biasanya diberikan kepada klien khusus atau klien yang melakukan pembelian berulang terhadap suatu produk dan kerabat atau rekan kerja untuk menjalin hubungan baik. Souvenir eksklusif juga dapat diberikan kepada karyawan sebagai apresiasi atas kerja keras dalam jangka waktu tertentu. Untuk lebih lengkap, mari kita bahas secara rinci untuk Anda.

 

Mengapa souvenir eksklusif itu penting?

tas laptop kanal

Souvenir eksklusif berbeda dengan souvenir biasa yang biasa dibagikan kepada klien biasa. Souvenir eksklusif memiliki nilai tersendiri dimata para klien. Dilihat dari segi kualitas, souvenir eksklusif biasanya menggunakan material terbaik karena diperuntukkan klien tertentu. Perbedaan souvenir biasa dan souvenir eksklusif biasanya terletak dari fungsi yang dimiliki oleh souvenir tersebut. Souvenir eksklusif biasanya berupa barang yang memiliki fungsi jelas serta kualitas yang baik, sehingga souvenir perusahaan eksklusif biasanya dibuat dalam jumlah terbatas.

Hal tersebut membuat klien atau rekan Anda yang menerima souvenir eksklusif merasa tersanjung dan merasa dihargai, sehingga menjadi salah satu cara efektif untuk mendapatkan klien baru dan menjaga klien yang sudah ada supaya tetap setia ke perusahaan Anda.

Jenis souvenir perusahaan eksklusif

tote bag canvas

Souvenir eksklusif memiliki beberapa jenis, mulai dari barang elektronik, alat makan dan minum, serta pouch. Berikut jenis souvenir eksklusif yang biasa dibagikan :

  1. Flashdisk

flashdisk pen

Pilihan souvenir eksklusif pertama yaitu flashdisk. Seperti yang kita tahu, flashdisk memiliki peran penting dalam aktivitas sehari-hari yang memerlukan memindahkan dan menyimpan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.  Saat ini betuk flashdisk pun bermacam-macam, pilih bentuk yang mencerminkan perusahaan Anda atau peserta acara Anda. Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat mudah untuk dibawa. Hal ini membuat flashdisk cocok menjadi pilihan Anda sebagai souvenir perusahaan eksklusif untuk media promosi, organisasi, maupun personal.

  1. Powerbank

powerbank 10000

Selanjutnya yaitu powerbank. Powerbank memiliki berbagai macam jenis dan bentuk, material yang dimiliki pun bermacam-macam, mulai dari kayu, plastik, hingga metal. Harga souvenir ini yang termasuk tinggi menjadikan souvenir ini sebagai salah satu souvenir perusahaan eksklusif. Era digital ini, powerbank menjadi salah satu barang yang sangat diperlukan. Powerbank berfungsi sebagai pengisi daya portable yang dapat dibawa saat beraktivitas diluar rumah.

  1. Tumbler

tumbler bamboo

Pada era new normal seperti ini banyak orang yang harus kembali beraktivitas dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Salah satu cara menjaga protokol kesehatan yaitu dengan membawa botol minum sendiri. Jenis tumbler yang dapat Anda pilih juga beragam, mulai dari bahan plastik kualitas terbaik dan stainless yang dilapisi kulit sintetis hingga bambu. Oleh karena itu, tumbler menjadi salah satu pilihan souvenir yang cocok untuk keperluan promosi perusahaan, organisasi maupun pribadi.

  1. Agenda

agenda batik custom

Agenda dapat dikatakan sebagai pendamping setia seperti asisten pribadi. Agenda biasanya digunakan untuk mencatat administrasi atau surat menyurat dalam perusahaan atau dalam sebuah organisasi. Hal tersebut bertujuan untuk mencapai sistem pencatatan yang rapi dan terorganisir. Souvenir persuhaan agenda memiliki beberapa jenis, diantaranya agenda kulit, agenda batik, dan lainnya. Souvenir perusahaan agenda merupakan souvenir yang tepat bagi Anda yang ingin memberikan souvenir yang dapat dipakai saat acara berlangsung sekaligus sebagai tanda terima kasih atas kehadiran tamu atau peserta acara Anda.

  1. Pouch

pouch kulit

Pouch biasanya digunakan untuk menyimpan barang supaya rapi dan mudah dibawa. Barang ini dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Pouch dapat di sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda, mulai dari desain, model, bentuk, ukuran, dan bahan. Packaging pouch juga dapat dipilih sesuai keinginan Anda, mulai dari plastik, pita ikat, maupun kain tile. Desain pada pouch dapat dipadukan dengan hiasan berupa embos atau debos inisial atau logo perusahaan sehingga tampilan pouch semakin menarik.

  1. Pen Metal

pulpen metal

Pulpen dapat menjadi salah satu pilihan menjadi souvenir perusahaan eksklusif untuk acara Anda. Pulpen dapat digunakan untuk menulis catatan di agenda atau buku catatan lainnya. Jenis dari pulpen pun beragam. Namun, jenis yang sering digunakan sebagai souvenir perusahaan eksklusif yaitu jenis pen metal. Pada pulpen metal dapat ditambahkan sablon logo atau inisial perusahaan atau acara Anda.

Cara memilih Souvenir Perusahaan Eksklusif

buku agenda

Setelah Anda mengetahui jenis produk yang dapat dijadikan souvenir perusahaan eksklusif, sebaikanya Anda juga hars memahami bagaimana merancang souvenir perusahaan eksklusif supaya dapat memberikan souvenir terbaik kepada konsumen, rekan, atau tamu undangan  serta menjadi media promosi yang efektif. Berikut kami jelaskan beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk memilih dan merancang souvenir perusahaan eksklusif :

  1. Sesuaikan jumlah souvenir dengan jumlah undangan

Jumlah souvenir yang harus Anda beli tergantung dari banyaknya undangan. Semakin banyak undangan maka souvenir juga harus banyak.

  1. Pilih Souvenir yang Unik

Pilih souvenir yang jarang digunakan pada acara umum dan membuat peneriman souvenir berkesan. Souvenir yang unik dan berbeda biasanya akan menarik perhatian banyak undangan pada suatu acara. Hal tersebut dapat Anda manfaatkan untuk promosi dan branding perusahaan Anda.

  1. Pesan jauh sebelum hari H

Siapkan souvenir untuk acara Anda dari jauh hari sebelum hari H. pengadaan souvenir biasanya membutuhkan waktu banyak untuk pengerjaan di vendor maupun pihak panitia acara. Jika memesan dari jauh hari harga yang ditawarkan vendor juga dapat di nego.

  1. Berikan kata-kata atau inisial

Salah satu hal yang membuat souvenir terlihat istimewa yaitu memberikan tanggal berlangsungnya acara, nama perusahaan yang menyelenggarakan acara dan ucapan terima kasih. Ucapan tersebut akan sangat mewakili perusahaan Anda untuk berterima kasih kepada penerima souvenir atas kehadirannya.

  1. Sesuaikan souvenir dengan tema acara

Anda dapat menyesuaikan souvenir dengan tema acara perusahaan Anda. Hal yang dapat Anda pertimbangkan yaitu misal warna atau dekorasi yang serasi dengan souvenir. Bisa juga souvenir disesuaikan dengan topik yang dibahas pada acara tersebut.

  1. Kemasan yang menarik

Jika Anda sudah menentukan jenis souvenir yang dipilih untuk acara Anda, masukkan souvenir tersebut ke dalam kemasan. Selain menambah estetika, kemasan juga membuat penerima souvenir dapat membawa dengan mudah jika souvenir terdiri dari beberapa barang. Kemasan dapat berupa box, pouch, tas, atau kemasan lainnya yang dapat disesuaikan dengan acara Anda.

  1. Perhatikan harga dan kualitas

Perhatikan harga dan kualitas souvenir yang Anda pilih. Pastikan barang tersebut benar-benar premium dan eksklusif untuk diberikan kepada tamu undangan Anda. Pilih souvenir dengan cermat supaya mendapat harga dan kualitas yang sesuai dengan keinginan Anda.

Cara Memilih Souvenir Perusahaan yang Berkesan

tips memilih souvenir perusahaan berkesan

Sebuah perusahaan perlu untuk membangun dan menjaga kesan yang baik. Kesan baik ini akan membuat perusahaan sukses, tetap menonjol dan selalu diingat oleh klien. Banyak cara untuk membangun kesan baik tersebut, salah satunya dengan cara memberikan souvenir perusahaan. Souvenir biasanya dibagikan sebagai bentuk apresiasi kepada klien karena terlah mempercayai produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Hal ini juga sebagai bentuk promosi agar perusahaan mendapatkan keuntungan maksimal.

Souvenir tersebut akan membuat klien mengingat perusahaan Anda, sehingga klien merasa perusahaan Anda sangat peduli atas kepuasan mereka. Selain itu, pelanggan akan merasakan hubungan emosional dengan perusahaan Anda. Memilih souvenir tentu tak bisa sembarangan, Anda harus memilih produk yang berkualitas, beragam, dan mudah didapatkan. Maka dari itu mari simak tips-tips berikut agar souvenir yang Anda berikan bisa memberikan kesan.

1. Catat Beberapa Pilihan Souvenir

Sebelum menentukan budget, catat terlebih dahulu beberapa pilihan souvenir yang akan Anda beli. Hal ini sangat penting karena pastinya Anda ingin souvenir tersebut memberikan kesan baik bagi klien.

tips pertama souvenir perusahaan berkesan

2. Fungsional

Pilih souvenir yang dapat bermanfaat dalam jangka waktu lama. Misalkan souvenir berupa payung yang sangat berguna di musim hujan, atau notebook yang berguna untuk mencatat. Pemilihan souvenir fungsional ini penting agar klien selalu teringat dengan perusahaan Anda.

tips kedua souvenir perusahaan berkesan

3. Tentukan Budget

Souvenir yang diberikan sebaiknya tidak melebihi budget. Misalkan klien telah melakukan pembelian sebesar Rp 10.000.000 di perusahaan Anda, budget souvenir sebaiknya tidak melebihi angka tersebut. Carilah penyedia souvenir yang menyediakan jasa desain gratis, sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk desain souvenir.

tips ketiga souvenir perusahaan berkesan

4. Survey Harga Souvenir Perusahaan

Setelah menentukan budget, bandingkan harga souvenir di satu tempat dan lainnya. Perhatikan juga kualitas barang karena hal ini akan berpengaruh kepada kesan klien terhadap perusahaan Anda. Dalam menentukan budget, seringkali Anda harus mengumpulkan harga item-item yang dibutuhkan di beberapa tempat. Namun, Anda bisa mendapatkan informasi harga seluruh item tersebut di Ecodoe.

tips keempat souvenir perusahaan berkesan

5. Desain Souvenir Perusahaan yang Menarik

Sesuaikan souvenir yang Anda pilih dengan tema perusahaan. Souvenir dengan desain menarik bisa memberikan citra yang baik untuk perusahaan.

tips kelima souvenir perusahaan berkesan

 

Bagaimana, apakah Anda sudah dapat menentukan souvenir perusahaan yang akan dipesan? Jangan khawatir karena Ecodoe dapat menyediakan kebutuhan Anda. Ecodoe sebagai perusahaan B2B yang bergerak di bidang e-procurement. Terdapat berbagai jenis produk dan paket yang dapat Anda pilih dan custom sesuai kebutuhan.

Kami juga menyediakan desain gratis untuk Anda. Ecodoe akan selalu berkomitmen membantu Anda dalam melakukan pembelanjaan bisnis yang cepat, serta bertemu dengan UMKM yang kredibel. Dengan memesan souvenir di Ecodoe, Anda telah berpartisipasi dalam memajukan UMKM di seluruh Indonesia. Untuk informasi harga dan pemesanan souvenir kunjungi website kami di www.ecodoe.com atau hubungi kami di WhatsApp 0812 5000 0912. Selamat berbelanja souvenir di Ecodoe!