5 Tips Memilih Paket Seminar Kit Berkualitas untuk Media Promosi

Beragam seminar kit berkualitas tersedia di Lokasoka, kustom sekarang juga
Beragam seminar kit berkualitas tersedia di Lokasoka, kustom sekarang juga

Ketika kita mengadakan acara, pastinya menginginkan banyak peserta yang daftar. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan paket seminar yang menarik. Berikut ini 5 tips memilih paket seminar kit keren dan berkualitas supaya makin banyak peserta yang mendaftar!

Kegiatan seminar adalah salah satu aktivitas yang sudah tidak asing lagi di kalangan masyarakat secara umum. Mulai dari lingkup akademis sampai praktis yang diadakan oleh berbagai pihak baik itu pemerintah maupun swasta. Begitu juga untuk sebuah perusahaan atau brand yang memanfaatkan seminar sebagai bagian dari kegiatan pemasaran. Baik itu seminar yang diadakan oleh perusahaan itu sendiri ataupun sebagai sponsor sekaligus pembicara pada kegiatan.

Pentingnya Paket Seminar Kit untuk Promosi

Ketika seminar menjadi salah satu kesempatan sebuah perusahaan ataupun brand untuk promosi, pastinya selain dari segi konten atau isi acara, ada hal lain yang bisa dimanfaatkan untuk promosi yaitu melalui seminar kit yang dibagikan ke peserta atau audiens yang datang pada kegiatan seminar. Bisa dimisalkan, rata-rata durasi umum kegiatan seminar itu dua sampai tiga jam. Mungkin hanya 50% dari peserta seminar masih terkesan dengan acara seminar tersebut. Bahkan kesan yang didapatan hanya berlangsung beberapa hari saja setelah acara.

Padahal tujuan suatu brand atau perusahaan tentunya ingin memberikan kesan dalam jangka panjang untuk meningkatkan brand awareness para peserta atau audiens yang datang. Maka dari itu media promosi lain pada kegiatan seminar selain dari konten acaranya adalah melalui seminar kit yang menarik. Di poin inilah seminar kit bisa berperan dalam kegiatan promosi. Selain bisa menjadi signature acara tersebut, seminar kit juga bisa bermanfaat untuk para peserta dan audiens yang hadir pada acara seminar. Jadi durasi promosi lebih panjang, mulai dari kegiatan seminar berlangsung sampai setelah selesai kegiatan, karena seminar kit bisa dibawa pulang dan digunakan oleh peserta.

Tips Memilih Paket Seminar Kit yang Menarik

Dalam memilih paket seminat kit yang tepat juga perlu berbagai pertimbangan. Bukan tanpa alasan, paket seminar kit harus dimanfaatkan dengan betul sebagai media promosi dalam meningkatkan brand awareness audiens tentang brand atau perusahaan. Maka dari itu tips memilih seminar kit sangat penting untuk dipahami dan dipersiapkan sebelum menyelenggarakan suatu acara seminar.

Pastinya persiapan dalam memilih paket seminar kit ini akan memudahkan untuk mendapatkan hasil seminar yang berkesan. Bukan cuma itu saja, hal ini juga bisa menjadikan acara seminar lebih berkesan dan menarik peserta untuk mendaftar dan ikut serta pada kegiatan. Pada akhirnya paket seminat kit yang dipilih akan menjadi media pendukung dan penguat agar pesan serta tujuan dari kegiatan seminar bisa tersampaikan dengan baik kepada audiens atau peserta yang datang. Berikut ini lima tips dalam memilih seminar kit yang tepat untuk sebuah brand atau perusahaan.

1. Pilih Paket Seminat Kit Sesuai Tema Kegiatan

Tips dalam memilih paket seminar kit yang pertama adalah harus disesuaikan dengan jenis ataupun tema kegiatan seminar itu sendiri. Paket seminar kit yang paling umum dipakai adalah goodie bag yang berisi pulpen, notebook atau blocknote, dan stiker. Nantinya paket seminar kit tersebut didesain dengan visual yang sesuai dengan tema kegiatan.

Selain itu, hal yang bisa dilakukan dalam memilih paket seminar kit yang disesuaikan dengan tema supaya lebih mengena dan berkesan adalah dengan item seminar kit yang lebih bernilai dan bermanfaat. Misalnya t-shirt custom, totebag canvas custom, flashdisk custom, tumbler LED custom, powerbank custom, atau souvenir custom lainnya yang desainnya bisa disesuaikan dengan tema kegiatan.

2. Satu Tema dengan Isi Seminar

Tips selanjutnya yang juga tidak boleh dilupakan dalam memilih seminar kit adalah dengan menyesuaikan semua item souvenir custom dengan kebutuhan materi seminar. Misalnya materi yang dibahas pada seminar adalah tentang pendidikan, maka seminar kit berupa alat tulis dan notebook adalah item yang tepat. Kemudian ambil contoh lain tema seminarnya soal kepedulian dan kelestarian lingkungan hidup, maka paket seminar kit yang bisa dipilih adalah item set alat makan, tumbler, dan totebag reusable.

3. Menyesuaikan Waktu

Seuaikan paket seminar kit dengan waktu kegiatan seminar akan diselenggarakan. Dalam hal ini, waktu seminar itu sendiri adalah hal penting yang juga harus dipertimbangkan. Misalnya waktu seminar hanya satu hari, maka paket seminar kit yang cocok adalah jenis item yang mudah dibawa peserta dan tidak ribet.

Lain halnya ketika kegiatan berlangsung selama beberapa hari, bisa dipertimbangkan untuk memilih paket seminar kit yang lebih lengkap. Misalnya tas ransel yang berisi item seminar kit lainnya. Tujuannya supaya tas tersebut bisa langsung dipakai dan bisa menampung barang perlengkapan yang dibawa peserta.

4. Karakter Audiens

Siapakah audiens atau peserta yang nantinya akan datang pada kegiatan seminar? Apakah target audiensnya anak-anak, remaja, atau dewasa? Maka hal tersebut harus benar-benar jelas supaya nanti paket seminar kit yang dipilih bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya jika yang hadir adalah audiens dari kalangan anak-anak, maka seminar kit yang bisa diberikan adalah buku tulis, buku gambar, set alat tulis, set alat mewarnai, dan sejenisnya. Kemudian ketika audiens yang hadir adalah kalangan remaja dan dewasa, mungkin bisa mempertimbangkan memilih paket seminar kit berisi item kaos, topi, totebag, payung, tumbler, dan sejenisnya.

5. Anggaran Kegiatan

Tips dalam memilih seminar kit yang terakhir pastinya sesuaikan dengan budget atau anggaran yang dimiliki. Hal ini pastinya akan memudahkan dalam mendapatkan seminar kit yang sesuai keinginan tapi tidak melebihi anggaran.

Tapi sebenarnya kalau soal harga bisa dipertimbangkan dengan cara mencari vendor seminar kit berkualitas dan sesuai. Asalkan kebutuhan seminar kit bisa menunjang keberhasilan acara yang dilaksanakan. Bukan asal pilih item seminar kit murah sebagai souvenir atau hadiah. Sebab tujuan awal dalam memilih  seminar kit yang tepat adalah memberikan kesan terbaik pada audiens.

tas ransel kanvas

Paket Seminar Kit Terbaik

Kemudian produk atau item souvenir apa saja yang bisa dijadikan seminar kit sekaligus memiliki manfaat jangka panjang bagi penerimanya? Pada dasarnya tidak ada ketentuan pasti tentang item apa saja yang harus ada dalam suatu paket seminar kit. Tergantung pada konsep acara, anggaran yang dimiliki dan tujuan apa yang ingin dicapai dari adanya kegiatan seminar tersebut. Hal yang tidak kalah penting adalah harus memahami apa yang paling dibutuhkan oleh peserta pada seminar tersebut.

Tidak perlu khawatir dimana dan bagaimana caranya mendapatkan vendor seminar kit berkualitas dengan harga yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Lokasoka adalah pilihan yang tepat. Banyak keuntungan yang didapatkan ketika memilih Lokasoka dalam membuat seminar kit. Mulai dari bebas biaya konsultasi dan desain, tersedia pilihan item seminar kit yang beragam, serta produknya berasal dari UMKM lokal yang telah diseleksi dari seluruh Indonesia.

Apakah Anda membutuhkan seminar kit berkualitas dengan harga terjangkau? Yuk langsung konsultasikan dengan Superteam Lokasoka! Masih tersedia banyak voucher belanja dan potongan harga!