5 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan UMKM!

5 Alasan Pentingnya Laporan Keuangan UMKM!

Pentingnya laporan keuangan UMKM perlu diketahui betul oleh para pelaku bisnis. Simak 5 alasan kenapa laporan keuangan UMKM itu penting!

Masih banyak yang belum mengetahui pentingnya membuat laporan keuangan yang terstruktur secara rutin. Misalnya di sektor UMKM, hanya sebagian kecil saja yang memahami pentingnya laporan keuangan UMKM dan membuatnya dengan rapi sesuai dengan standar. Padahal laporan keuangan ini adalah kunci dalam mengendalikan kelangsungan bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, memahami pentingnya laporan keuangan UMKM adalah sebuah keharusan. Kenapa laporan keuangan itu penting? Karena segala aktivitas usaha akan bergantung pada kondisi keuangan usaha itu sendiri. Bisa dibiang hidup mati usaha akan ditentukan dari bagaimana pelaku usaha mengatur keuangan.

Tapi pada realitanya masih banyak pelaku usaha yang belum memahami pentingnya laporan keuangan UMKM. Akibatnya tidak sedikit pelaku UMKM yang terpaksa harus menutup usahanya karena mengalami kerugian. Salah satu penyebabnya karena laporan keuangan UMKM yang belum tepat sehingga pengelolaannya juga tidak sesuai.

Pengertian Laporan Keuangan UMKM

Laporan keuangan adalah catatan yang berisi informasi tentang keuangan dari bisnis UMKM dalam suatu periode tertentu. Baik itu harian, bulanan, atau tahunan, yang menggambarkan situasi kinerja bisnis UMKM tersebut. Laporan keuangan juga merupakan proses penyimpanan data akurat tentang transaksi yang masuk dan keluar dari suatu usaha.

Secara umum laporan keuangan UMKM harus memiliki komponen laporan keuangan meliputi jumlah laporan pembelian, penjualan, dan kredit ataupun biaya operasional. Seluruh informasi yang terdapat di dalam laporan keuangan juga harus dipertanggung jawabkan serta dievaluasi. Sebab nantinya laporan keuangan akan menjadi acuan dalam menentukan strategi ke depan dan juga dokumen penting untuk pengajuan modal.

Pentingnya Laporan Keuangan UMKM

Laporan keuangan pada dasarnya akan sangat membantu pelaku UMKM dalam menganalisa modal usaha, keputusan investasi, perolehan pendapatan, pengeluaran biaya, dan laba bersih yang dihasilkan dari kegiatan usaha yang telah berjalan. Dari situ nanti bisa dibandingkan laporan keuangan dari tahun ke tahun, pemilik UMKM dapat memperoleh informasi yang penting tentang apa yang telah berjalan baik dan apa yang masih perlu diperbaiki. Berikut ini 5 alasan pentingnya laporan keuangan UMKM.

  1. Sebagai Bahan Evaluasi Usaha

Usaha yang baik adalah usaha yang dapat menentukan arah jalan ataupun memiliki strategi dalam menghadapi persaingan. Dalam hal ini, laporan keuangan memegang peran yang sangat penting. Mengapa? dengan laporan keuangan, pelaku usaha akan tahu permasalahan yang terjadi di dalam usahanya, sehingga pelaku usahapun dapat dengan cepat menentukan solusi dari masalah tersebut. Atas dasar ini lah mengapa laporan keuangan harus secara terus menerus di evaluasi.

Apabila seorang pelaku usaha dapat mengevaluasi laporan keuangan secara maksimal dan juga tepat waktu, maka pelaku usaha dapat merasa cukup tenang dan juga terhindar dari masalah yang akan datang.

  1. Mengetahui Kondisi Usaha

Laporan keuangan usaha berisikan komponen-komponen penting seperti transaksi penjualan, pembelian, kredit ataupun biaya operasional. Dari informasi-informasi ini, pelaku UMKM dapat mengetahui secara cepat bagaimana kondisi usaha kita saat ini.

Apabila pelaku usaha masih tidak membuat laporan keuangan, melakukan pencatatan secara manual, atau membuat laporan keuangan sederhana yang ala kadarnya, nantinya akan kesulitan untuk mengetahui kondisi usaha itu sendiri. Akibatnya, akan banyak hal yang tidak diinginkan akan terjadi di masa depan, yang dimana pelaku UMKM belum sempat mempersiapkan solusinya.

  1. Bahan Pertanggungjawaban Usaha

Segala kegiatan usaha yang dilakukan tentunya harus dapat dipertanggungjawabkan. Baik kepada investor, pemerintah ataupun kepada instansi-instansi lainnya seperti perpajakan. Dengan memiliki laporan keuangan yang cukup mendetail, maka bisnis UMKM akan terlihat lebih kredibel dan mendapatkan dukungan dari stakeholder atau yang bersangkutan.

  1. Mendapatkan Modal Usaha

Memiliki laporan keuangan yang mendetail dan juga lengkap merupakan salah satu persyaratan bisnis UMKM bisa mendapatkan modal usaha. Bagaimana tidak? Bayangkan jika ada seseorang yang ingin meminjam uang kepada kita, tapi kita tidak tahu kapan seseorang itu dapat membayar kembali pinjamannya, kemampuannya, atau apakah kita akan rugi dari pinjaman tersebut atau tidak. Pastinya, jika hal-hal tersebut terjadi akan sangat beresiko bagi pemberi modal untuk memberikan modal usahanya. Maka dari itu untuk mengatasi hal ini, memiliki laporan keuangan yang mendetail adalah solusinya.

  1. Sebagai Perencanaan Bisnis

Laporan keuangan UMKM merupakan hal yang sangat penting bagi jalannya suatu usaha. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalkan biaya yang dimiliki dan juga sebagai perencanaan. Saat melakukan pencatatan untuk usaha, dapat melihat jalannya usaha melalui pencatatan yang telah dilakukan. Oleh sebab itu merencanakan merupakan langkah selanjutnya untuk meningkatkan usaha dari pencatatan yang telah dilakukan.

Localaris UMKM Ecodoe

Mulailah Membuat Laporan Keuangan UMKM

Pada akhirnya setiap pelaku usaha harus mengerti pentingnya laporan keuangan UMKM yang dapat dianggap sebagai dokumen penentu hidup dan mati sebuah usaha. Seluruh informasi mengenai kegiatan usaha dapat ditemukan di dalam sebuah laporan keuangan. Informasi-informasi tersebut tentunya dapat dimanfaatkan mulai dari mengetahui kondisi usaha sampai mendapatkan tambahan modal usaha.

Pendampingan Pengelolaan Keuangan UMKM Bersama Ecodoe

Mengelola keuangan usaha adalah hal yang sangat penting untuk keberlangsungan usaha termasuk umkm. Makin berkembang sebuah usaha, pastinya semakin rumit juga dalam mengelola keuangan usaha tersebut. Maka dari itu diperlukan pembiasaan dan juga pendampingan bagi pelaku umkm dalam mengelola keuangan usaha. Salah satu pendampingan yang bisa diikuti adalah program Localaris dari Ecodoe.

Dalam program Localaris, pelaku umkm yang tergabung akan mendapatkan pendampingan usaha mulai dari manajemen keuangan umkm, perluasan akses pasar, akses modal usaha, peningkatan kualitas produk, pengelolaan sumber daya manusia, hingga legalitas produk dan usaha. Untuk mengikuti program Localaris dari Ecodoe caranya sangat mudah dan bisa diakses secara gratis tanpa dipungut biaya. Kita hanya perlu mengunjungi laman UMKM Localaris atau mengunduh aplikasi Ecodoe UMKM di Playstore.